(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN) Implementasi Konsep Ta’dib Ta’lim Dan Tarbiyah Dalam Kegiatan Ziarah Wali Songo Di Pondok Pesantren Darussalam Tegalrejo Desa Pelita Jaya Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten Oku Timur

Atul Mahmudah, Qokik (2020) (GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN) Implementasi Konsep Ta’dib Ta’lim Dan Tarbiyah Dalam Kegiatan Ziarah Wali Songo Di Pondok Pesantren Darussalam Tegalrejo Desa Pelita Jaya Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten Oku Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ATUL MAHMUDAH, QONIK. SKRIPSI 210316380.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Atul Mahmudah, Qonik. 2020. Implementasi Konsep Ta’dib Ta’lim Dan Tarbiyah Dalam Kegiatan Ziarah Wali Songo Di Pondok Pesantren Darussalam Tegalrejo Desa Pelita Jaya Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten Oku Timur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mambaul Ngadimah M.Ag.

Kata Kunci : Implementasi, Ta’dib, Ta,lim, Tarbiyah

Pendidikan adalah hal pokok dalam kehidupan manusia, pendidikan merupakan bekal utama bagi seorang manusia dalam menjalani kehidupan dan memenuhi kebutuhannya. Pendidikan agama juga hal yang sangat dibutuhkan seorang manusia dalam mengenal tuhan yang menciptakannya, tanpa pendidikan agama, seorang manusia akan hidup bagaikan hewan tanpa ada aturan yang membatasinya. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, nilai pendidikan Islam semakin memudar di hati masyarakat. Menyikapi realita ini, pondok pesantren Darussalam Tegalrejo menerapkan tiga konsep pendidikan Islam Ta’dib, Ta’lim, dan Tarbiyah di dalam setiap program dan kegiatannya dengan tujuan menguatkan kembali nilai-nilai pendidikan Islam pada diri para santri.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini memunculkan rumusan masalah: (1) Bagaimana penerapan tiga konsep pendidikan Islam Ta’dib, Ta’lim, dan Tarbiyah di pondok pesantren Darussalam Tegalrejo? (2) Bagaimana penerapan tiga konsep pendidikan Islam Ta’dib, Ta’lim, dan Tarbiyah pada kegiatan ziarah walisongo di pondok pesantren Darussalam Tegalrejo?
Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan tiga konsep pendidikan Islam Ta’dib, Ta’lim, dan Tarbiyah adalah pada setiap kegiatan yang ada di pesantren, konsep Ta’dib terwujud dalam peraturan pesantren yang berisikan adab dan etika, konsep Ta’lim terkandung dalam kegiatan pendidikan baik formal maupun diniyah, konsep tarbiyah terwujud dalam berbagai kegiatan motorik santri dan pelayanan pesantren terhadap santriKanaah. (2) Penerapan tiga konsep pendidikan Islam Ta’dib, Ta’lim, dan Tarbiyah dalam kegiatan ziarah walisongo, Konsep Ta’dib diterapkan melalui peraturan yang ada saat ziarah yang berisi sopan santun ketika pelaksanaan ziarah, konsep Ta’lim diterapkan melalui pengenalan kepada santri tentang sejarah para wali yang diziarahi, konsep Tarbiyah diwujudkan dengan pelayanan pesantren terhadap kebutuhan santri selama kegiatan ziarah walisongo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2020 00:09
Last Modified: 15 Dec 2020 00:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12333

Actions (login required)

View Item View Item