Tinjauan Fiqih Terhadap Praktik Bisnis Artikel Spinner Di Laman Blog Sehat Sekali.Web.Id

Rohim, Muhammad Nur (2020) Tinjauan Fiqih Terhadap Praktik Bisnis Artikel Spinner Di Laman Blog Sehat Sekali.Web.Id. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nur Rohim, Muhammad. Tinjauan Fiqih Terhadap Praktik Bisnis Artikel Spinner Di Laman Blog SehatSekali.Web.Id. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Drs. H. M. Muhsin, M.H.

Kata Kunci : Bisnis Artikel Spinner,Website, Fiqih dan Jual Beli.
Penelitian ini berangkat dari masalah-masalah yang terjadi dalam praktik bisnis artikel spinner yang ada di laman Blog SehatSekali.Web.Id. Fokus penelitian ini adalah pada artikel yang dibuat oleh kontributor dengan cara menulis ulang artikel orang lain dengan aplikasi Spinner, yang dirasa praktik tersebut sebuah plagiasi. Dari segi penjualan artikel spinner oleh kontributor yang menjual barang yang dihasilkan dari hasil aplikasi spinner disebuah website. Dan yang terakhir adalah pembelian artikel spinner oleh pihak pemilik website
Dari latar belakang tersebut, dapat ditarik rumusan masalah yakni,: 1) Bagaimana tinjauan fiqih terhadap penjualan artikel oleh kontributor kepada laman Blog SehatSekali.web.id?. 2) Bagaimana tinjauan fiqih terhadap pembelian artikel spinner oleh pemilik website Blog SehatSekali.web.id?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan metode induktif.
Dalam skripsi ini dapat ditarik kesimpulan 1) Secara sudut pandang teori fiqih jual beli praktik penjualan artikel spinner kepada pihak website Blog SehatSekali.web.id. belumlah sesuai, karena masih memiliki kekurangan dalam rukun dan syarat jual beli. Namun hal ini dapat sah jual belinya bagi kontributor yang menjual artikelnya dengan menggunakan ide sendiri tanpa plagiasi. 2) dalam pandangan fiqih jual beli jika dikaitkan dengan praktik pembelian artikel spinner oleh pemilik website belumlah sesuai karengan barang yang dibeli masih diragukan keabsahannnya atau bisa dikatakan barang tersebut barang ghara>r.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Muhsin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2020 00:08
Last Modified: 15 Dec 2020 00:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12332

Actions (login required)

View Item View Item