PENGARUH FAKTOR KEMUDAHAN DAN FAKTOR KEAMANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi Pada BRI Syariah KCP Ponorogo)

Saputro, Wahyu Jalil (2020) PENGARUH FAKTOR KEMUDAHAN DAN FAKTOR KEAMANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi Pada BRI Syariah KCP Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210816023_WAHYU JALIL SAPUTRO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Saputro, WahyuJalil. 2020. Pengaruh Faktor Kemudahan Dan Faktor Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile banking (Studi Pada BRI Syariah KCP Ponorogo). Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah (PS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorgo. Pembimbing Agung Eko Purwana, SE., MSI
Kata Kunci : Bank Syariah, Kepuasan Nasabah, Mobile banking
Pada era teknologi informasi sekarang ini perilaku nasabah atau konsumen banyak berubah dalam melakukan transaksi perbankan dimana nasabah sangat mengedepankan aspek kemudahan, fleksibilitas, efisiensi, dan kesederhanaan. Teknologi mobile banking merupakan salah satu jenis pelayanan yang diberikan BRI Syariah kepada nasabahnya agar nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dimana saja setiap saat tanpa harus datang ke bank yang bersangkutan. Kepuasan nasabah merupakan hal pokok yang tidak boleh diabaikan bagi suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa Perbankan. Karena kepuasan nasabah merupakan aspek penting untuk mempertahankan citra perusahaan di masyarakat luas aplikasi mobile banking memang sangat mudah digunakan akan tetapi ada beberapa nasabah kurang puas sebagai pengguna mobile banking.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling berjumlah 100 responden. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi sederhana, uji regresi linier berganda, uji R, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji f.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam mengunakan mobile banking dibuktikan dengan nilai sebesar 0,309, keamanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam mengunakan mobile banking dibuktikan dengan nilai sebesar 8,275, kemudahan dan keamanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah dalam mengunakan mobile banking di BRIS KCP Ponorogo dibuktikan dengan nilai sebesar 0,812. Saat melakukan transaksi mobile banking tidak mendapat pemberitahuan transaksi tersebut sudah berhasil atau belum, aplikasi mobile banking maintanace atau perbaikan, aplikasi mobile banking keluar sendiri sehingga saya harus login kembali. Kendala kegagalan transfer sampai tiga kali dan saldo juga berkurang tiga kali. BRI Syariah KCP Ponorogo harus meningkatkan penyempurnaan fitur dan penambahan fitur yang dapat mendukung proses transaksi elektronik sehingga nasabah merasa mudah menggunakan dan terjaga keamanan dalam menggunakan aplikasi mobile banking

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agung Eko Purwana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2020 00:07
Last Modified: 15 Dec 2020 00:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12331

Actions (login required)

View Item View Item