UPAYA GURU MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA MELALUI METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK KELAS VIII SMP NEGERI 1 BALONG PONOROGO

Septiani, Binti (2020) UPAYA GURU MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA MELALUI METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK KELAS VIII SMP NEGERI 1 BALONG PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Skripsi_Binti Septiani_211416010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar di sekolah tidak terlepas dari adanya proses interaksi
sosial yang merupakan syarat utama terjadinya kegiatan sosial dilingkungan sekolah. Kegiatan
belajar mengajar yang berkaitan dengan interaksi sosial salah satunya yaitu berdiskusi. Sikap
sosial merupakan suatu tindakan seseorang untuk hidup dalam masyarakatnya seperti saling
berinteraksi, saling membantu, saling menghargai, dan sebagainya. Sikap sosial perlu
dikembangkan karena dapat menciptakan suasana hidup yang damai, rukun, nyaman, dan
tentram. Sikap sosial merupakan tidakan yang dapat mengatasi berbagai masalah ada dalam
masyarakat dengan berfikir secara bersama-sama. Pada saat membahas pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial metode diskusi sebagai penunjang berjalannya interaksi sosial dengan
menunjukkan sikap sosial yang dimiliki masing-masing siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan sikap sosial siswa melalui
metode diskusi. Indikator sikap sosial disini meliputi: sikap jujur, sikap sopan santun, dan sikap
kerjasama. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif.Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis studi kasus dengan menggunakan subjek
penelitian kepala sekolah, guru, siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah: observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik
analisis dalam penelitian ini menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah
validitas, reliabilitas, dan kredibilitas data.
Ditemukan di SMP Negeri 1 Balong sesuai dengan hasil pengamatan dan wawancara
peneliti, siswa kelas VIII F dalam kondisi pembelajaran, tampak bahwa sikap sosial siswa
dikatagorikan kurang baik. Seperti yang peneliti temukan bahwa siswa tidak mencerminkan
sikap jujur, sopan santun, dan kurangnya kerjasama. Sebagai contoh yang pertama,
penyimpangan sikap jujur ditandai adanya ketika guru memberikan soal-soal ulangan atau tugas
kemudian dikerjakan secara individu, hasilnya ada beberapa anak memiliki kemampuan kognitif
yang kurang baik dan sebaliknya. Kecenderungan anak yang kognitifnya rendah melakukan
tindakan yang kurang jujur karena lebih cenderung menggantungkan kepada siswa yang lebih
pintar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2020 00:06
Last Modified: 15 Dec 2020 00:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12330

Actions (login required)

View Item View Item