Tinjauan Hukum Perkawinan Di Indonesia Terhadap Penyelesaian Perkawinan Usia Dini Di Desa Karanggupito Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi

Kod'riyah, Lailatul (2020) Tinjauan Hukum Perkawinan Di Indonesia Terhadap Penyelesaian Perkawinan Usia Dini Di Desa Karanggupito Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
lailatul kod'riyah, skripsi, 210116094.pdf

Download (899kB)

Abstract

Kod’riyah, Lailatul. 2020. Tinjauan Hukum Perkawinan Di Indonesia Terhadap Penyelesaian Perkawinan Usia Dini Di Desa Karanggupito Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi. Skripsi. JurusanHukum Keluarga Islam FakultasSyariahInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Achmad Rodli Makmun, M.Ag.,

Kata Kunci:Hukum Perkawinan, Penyelesaian, Perkawinan Usia dini

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkawinan usia dini di Desa Karanggupito yang mayoritas alasannya karena hamil di luar nikah dan pergaulan bebas. Di dalam UU No. 1 Tahun 1974 yang saat ini ada perubahan menjadi UU No. 16Tahun 2020 telah mengatur tentang batas usia seseorang boleh melakukan perkawinan, kemudian juga dipertegas didalam KHI pasal 15 ayat 1. Pemicu terjadinya perkawinan usia dini, ini di sebab karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap undang-undang perkawinan dan kurangnya bimbingan atau pengawasan dari orang tua, juga kurangnya pengetahuan dan pemahaman agama. Penyimpangan dari batas umur minimal perkawinaniniharusmendapatdispensasi perkawinan terlebih dahulu dari Pengadilan Agama. Pengajuan dispensasi dapat diajukan oleh orang tua atau wali dari calon mempelai yang belum mencapai umur, untuk melangsungkan perkawinan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskanBagaimana tinjauan hukum perkawinan terhadap alasan terjadinya perkawinan usia dini dan bagaimana tinjauan hukum perkawinana terhadap bentuk penyelesaian perkawinan usia dini di Desa Karanggupito Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi.
Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yang menggambarkan fenomena secara apa adanya dengan cara mencari data secara langsung dengan melihat objek yang akan diteliti. Metode penelitian dalam penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitiatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan pada analisis proses kemudian menyimpulkan secara induktif yang diperoleh dari penelitian data di lapangan.
Berdasarkan hasil analisis yang peneliti lakukan, alasan terjadinya perkawinan usia dini di Desa Karanggupito ini disebabkan karena adanya pergaulan bebas remaja yang kemudian berujung pada perbuatan zina di mana perempuan mengalami hamil di luar ikatan perkawinan. Bentuk penyelesaian perkawinan usia dini ada dua, pertama dengan melalui jalur hukum sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Perkawinan yang ada di Indonesia. Kedua melalui jalur non hukum seperti nikah sirri (nikah di bawah tangan), perkawinan ini dilakukan menurut ketentuan agama, namun perkawinan tersebut tidak tercatatkan di KUA. karena melanggar ketentuan hukum perkawinan yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Achmad Rodli Makmun
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2020 00:03
Last Modified: 15 Dec 2020 00:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12324

Actions (login required)

View Item View Item