Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Bisnis Bibit Buah Di Toko Tetesan Embun Pagi Di Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo

CAHYATI, PUPUT (2020) Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Bisnis Bibit Buah Di Toko Tetesan Embun Pagi Di Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi puput cahyati .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Cahyati, Puput. 2020. Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Bisnis Bibit Buah Di Toko Tetesan Embun Pagi Di Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Saifullah, M. Ag.
Kata Kunci: Jual Beli, Salam, Istishnā’, Penetapan Harga
Dalam hal jual beli Islam telah menetapkan aturan-aturan hukumnya sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasululloh SAW, baik mengenai rukun, syarat, maupun bentuk jual beli yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan. Seperti dalam Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Bisnis Bibit Buah Di Toko Tetesan Embun Pagi Di Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Adanya hukum Islam mengenai jual beli salam tidak dipatuhi oleh pemilik bisnis dalam praktiknya di Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Akad transaksinya kurang sesuai dengan rukun dan syarat serta penetapan harganya cenderung naik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap akad transaksi jual beli bibit buah pada bisnis bibit buah di Toko Tetesan Embun Pagi di Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo ? (2) Bagaimana analisis Hukum Islam terhadap penetapan harga pada bisnis bibit buah di Toko Tetesan Embun Pagi di Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo?
Di dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan objek penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan wawancara. Kemudian teknik pengolahan data menggunakan teori Salām dan Istishnā. Adapun metode analisis data yang digunakan peneliti teknik penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: pertama, Menurut Hukum Islam, praktik jual beli bibit buah di Toko Tetesan Embun Pagi di Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo, pada akad transaksi jual beli bibit buah secara pesanan ditinjau dengan akad salām maka belum sesuai dengan Hukum Islam karena terdapat salah satu syarat salām dalam hal permodalan dalam teori pembayarannya harus dilakukan secara kontan diawal kesepakatan. Akan tetapi dalam prktiknya modal dibayar dengan uang muka sebagai tanda jadi sahnya jual beli bibit buah. Namun apabila ditinjau dari teori istishnā’ sudah sesuai karena rukun dan syarat pembayarannya sudah sesuai dengan hukum Islam yaitu dilakukan dengan diangsur sampai batas yang sudah disepakati diawal perjanjian.Kedua, Penetapan harga pada jual beli bibit buah di Toko Tetesan Embun sudah sesuai dengan hukum Islam. Karena penetapan harga dalam praktiknya pelaku transaksi baik dari pihak penjual maupun dari pihak pembeli dalam penyebutan spesifikasi objeknya dari jenis, ukuran, jumlah bibit, media yang digunakan, waktu penyerahan bayar, sistem pembayaran sifat nya dijelaskan secara jelas sesuai dengan rukun dan syarat dalam jual beli salam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SAIFULLAH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2020 00:01
Last Modified: 15 Dec 2020 00:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12319

Actions (login required)

View Item View Item