Analisis Etika Bisnis Islam dalam Jual Beli Kosmetik di Toko Clareiza Online Shop Kabupaten Ngawi

Rosyida, Anisatur (2020) Analisis Etika Bisnis Islam dalam Jual Beli Kosmetik di Toko Clareiza Online Shop Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
di upload.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Anisatur Rosyida, 2020. Analisis Etika Bisnis Islam dalam Jual Beli Kosmetik di Toko Clareiza Online Shop Kabupaten Ngawi. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Isnatin Ulfah, M.H.I
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Jual Beli, Clareiza Online Shop
Etika bisnis Islam merupakan studi tentang seseorang atau organisasi dalam melakukan usaha atau kontak bisnis yang saling menguntungkan dan sesuai dengan nilai ajaran agama Islam. Dimana dalametika bisnis Islam terdapat prinsip-prisnipnya. Bisnis jual beli online sedang berkembang dimana-mana salah satunya berada di Ngawi. Omset yang besar dan mudah, merupakan daya tarik tersendiri untuk berjualan online. Penjual online tidak selalu pedagang yang bisa, akan tetapi dari kalangan remaja dan ibu rumah tangga juga berlomba-lomba menjadi penjual yang terpercaya dengan menjalankan bisnis sesuai dengan prinsip dalam etika bisnis Islam. Namun ada yang melakukan bisnis dengan tidak memperhatikan barang dagangannya, mereka hanya memperhatikan dari ketuntungan dari jual beli yang mereka lakukan dan tidak memperhatikan resiko menjual barang yang hanya polosan dengan berdosis tinggi seperti yang ada di Clareiza Olshop. Disini mereka menjual produk polosan yang tidak menyertakan deskripsi dari produk tersebut, tidak menyertakan cara pemakaian yang benar, dan tidak ada keterangan kedaluwarsa dari produk tersebut serta kandungan dari produknya.
Dari latar belakang tersebut, dapat ditarik rumusan masalah yakni, 1) Bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap akad jual beli kosmetik di Clareiza Online Shop Kabupaten Ngawi. 2) Bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap kualitas produk kosmetik di Clareiza Online Shop Kabupaten Ngawi.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dengan observasi. Analisis data menggunakan metode deduktif. Analisis data yang digunakan menggunakan etika bisnis Islam.
Dalam skripsi ini dapat ditarik kesimpulan 1) Jual beli online pada Clareiza Online Shop ada yang sudah sesuai dengan etika bisnsi Islam dan ada yang belum menerapakan etika bisnis Islam. Yang sudah sesuai yaitu pada prinsip kehendak bebas karena pada saat transaksi jual beli pihak penjual melakukan hal kebaikan dengan tidak ada unsur paksaan. Tidak memaksa pembeli untuk membeli barang dagangannya. Sedangkan yang belum sesuai yaitu prinsip tauhid, tanggung jawab dan kebijakan karena pihak penjual belum menerapakan sikap dalam prinsip tersebut. Pihak penjual masih belum bertanggung jawab dengan apa yang mereka jual, belum bersikap jujur dengan seorang pembeli. 2) Dalam kualitas produk yang mereka jual merupakan produk yang msih diragukan kualitasnya, karena pada kemasan produk ini msih polosan dan berbahan dosis tinggi jika dipakai oleh pemula menumbulkan semacam iritasi maupun gatal pada kulit. Dari hal tersebut maka masih belum sesuai dengan etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Isnatin Ulfah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2020 00:00
Last Modified: 15 Dec 2020 00:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12316

Actions (login required)

View Item View Item