tinjauan hukum islam terhadap praktik bisnis waralaba produk teh poci di kabupaten ponorogo

Munawaroh, Lailatul (2020) tinjauan hukum islam terhadap praktik bisnis waralaba produk teh poci di kabupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LAILATUL MUNAWAROH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Munawaroh, Lailatul. 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Bisnis Waralaba Produk Teh Poci Di Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Soleh Hasan Wahid, M.H.
Kata kunci : Jual Beli, Bersyarat, Wanprestasi.
Waralaba produk Teh Poci merupakan bisnis waralaba yang melakukan kesepakatan dengan dibentuknya perjanjian secara tertulis antara pewaralaba dan terwaralaba. Namun, pada pelaksanaannya terdapat beberapa terwaralaba yang tidak memenuhi isi dari perjanjian yang telah disepakati. Selin itu,adanya ketidakjelasan pada isi perjanjian serta penyelesaian sengketa yang dilakukan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad perjanjian bisnis waralaba produk teh poci di Kabupaten Ponorogo? (2) bagaimana pola penyelesaian wanprestasi pada perjanjian bisnis waralaba produk teh poci di Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) perjanjian pada bisnis waralaba produk Teh Poci sudah sesuai dengan hukum Islam karena terjadi penukaran berupa barang oleh pewaralaba dan pemberian uang oleh terwaralaba serta terpenuhinya rukun jual beli dan diperbolehkannya syarat yang diberikansebab lebih banyak manfaat dari pada madharatnya. (2) penyelesaian wanprestasi bisnis waralaba produk Teh Pociyaitu berupa pembatalan kontrak sebagai akibat dari wanprestasi dan penyelesaian yang dilakukan menggunakan prinsip sulhu atau perdamaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Soleh Hasan Wahid
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Dec 2020 06:53
Last Modified: 14 Dec 2020 06:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12309

Actions (login required)

View Item View Item