(UBAH FILE DLM FORMAT PDF) Tinjauan hukum Islam terhadap pemeliharaan ayam pedaging di Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo

Choiriyah, Atik (2020) (UBAH FILE DLM FORMAT PDF) Tinjauan hukum Islam terhadap pemeliharaan ayam pedaging di Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
e-thesis upload.docx

Download (827kB)

Abstract

Abstrak

Choiriyah, Atik. 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemeliharaan Ayam Pedaging Di Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Drs. H. Achmad Rodli Makmun, M. Ag.

Kata Kunci/keywod: kerjasama, qard.

Kajian dalam skripsi ini dilatar belakangi kegiatan kerjasama pemeliharaan ayam pedaging di Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Kerjasama ini terjadi antara peternak Desa Banaran dengan PT.BAS (Brantas Abadi Sentosa). Dengan adanya kerjasama bermitra ini memunculkan hak dan kewajiban masing-masing pihak antara lain dalam hal akad modal, tata cara penghitungan modal, syarat penjualan hasil dari pemeliharaan ayam tersebut.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad pemodalan dalam pemeliharaan ayam pedaging di Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo ? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap tata cara penghitungan nilai modal dalam pemeliharaan ayam pedaging di Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo ? (3) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap syarat penjualan hasil pemeliharaan ayam pedaging di Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo ?

Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu proses berfikir dari fakta empiris yang didapat di lapangan, yang kemudian data tersebut dianalisis, dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan yang diteliti berdasarkan pada data yang diperoleh dari lapangan.

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) bentuk modal dalam kerjasama pemeliharaan ayam pedaging di Desa Banaran Kecamatan pulung Kabupaten Ponorogo ini sah, karena telah memenuhi syarat dan unsur pada akad qard. (2) tata cara penghitungan modal antara PT.BAS dengan peternak di Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo adalah sah menurut hukum Islam, karena dalam pengambilan kembali modal PT.BAS mengambil sesuai dengan yang mereka pinjamankan untuk modal diawal kontrak. (3) sedangkan mengenai syarat hasil penjualan yang harus dijual kembali pada PT.BAS, sudah sah menurut hukum Islam karena sebagai bentuk pertanggung jawaban atas kontrak dan juga atas dasar kerelaan kedua belah pihak, dan tidak mengandung akad riba yang menguntungkan salah satu pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Achmad Rodli Makmun
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Dec 2020 06:39
Last Modified: 14 Dec 2020 06:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12301

Actions (login required)

View Item View Item