Implementasi Inside Outside Circle (IOC) Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Argumentatif Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 01 Sukorejo, Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Chatimah, Aziza Husnul (2020) Implementasi Inside Outside Circle (IOC) Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Argumentatif Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 01 Sukorejo, Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Aziza Husnul Chatimah_210616113.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Chatimah, Aziza Husnul. 2020. Implementasi Strategi Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Argumentatif pada Materi Bahasa Indonesia Siswa SDN 01 Sukorejo, Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.

Kata Kunci: Strategi, Inside Outside Circle, Komunikasi Argumentatif.
Kelas V SDN 01 Sukorejo, Ponorogo dalam proses belajar mengajar kurang maksimal dikarenakan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, guru juga kurang menarik dalam membuat strategi pembelajaran. Hal lain yang menjadi kurangnya maksimal dalam proses pembelajaran, yaitu minimnya media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Banyak siswa yang kurang percaya diri dalam menyampaikan hasil diskusinya.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran inside outside circle, menjelaskan penerapan strategi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui strategi inside outside circle.
Penelitian yang digunakan peneliti merupakan penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Sukorejo, Ponorogo. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 11 siswa. Alur dalam penelitian tindakan kelas dimulai dari tahap perencanaan, kemudian pelaksanaan, selanjutnya observasi dan terakhir refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan yang dilakukan selama 2 siklus memberikan hasil yang maksimal. Selama dilaksanakan tindakan, siswa mengalami peningkatan. Dengan dilaksanakan strategi inside outside circle, siswa dapat berlatih dalam berkomunikasi di depan kelas. Demikian strategi inside outside circle dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:53
Last Modified: 14 Dec 2020 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12297

Actions (login required)

View Item View Item