Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan tentang Fatwa MUI No. 33 Tahun 2018 terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Vaksin MR untuk Imunisasi di Desa Bediwetan Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo

Kusumaninghati, Silvia Merlyn (2020) Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan tentang Fatwa MUI No. 33 Tahun 2018 terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Vaksin MR untuk Imunisasi di Desa Bediwetan Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210216070 SILVIA MERLYN K.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Merlyn K, Silvia. 2020. Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan tentang fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Vaksin MR untuk Imunisasi di Desa Bediwetan Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata kunci: Konsep Religiusitas, Konsep Pengetahuan, Fatwa MUI No.33 Tahun 2018, Vaksin MR.
Perilaku konsumen merupakan suatu tindakan yang dilakukan individu atau kelompok untuk mengambil keputusan dalam memilih menggunakan suatu produk atau jasa, dalam hal ini produk vaksin MR untuk imunisasi. Religiusitas yang baik akan memberikan dorongan kepada masyarakat untuk menggunakan vaksin MR untuk imunisasi, dan pengetahuan mengenai fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang baik akan mempengaruhi sikap masyarakat. Dalam fatwa MUI ini dijelaskan bahwa penggunaan vaksin MR saat ini diperbolehkan karena belum ditemukan bahan yang halal dan suci. Oleh karena itu, religiusitas dan pengetahuan sangat diperlukan masyarakat untuk dapat menerima vaksin MR tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah religiusitas berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menggunakan vaksin MR di Desa Bediwetan Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo? (2) Apakah pengetahuan tentang fatwa MUI No.33 Tahun 2018 berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menggunakan vaksin MR di Desa Bediwetan Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo? (3) Apakah religiusitas dan pengetahuan tentang fatwa MUI No.33 Tahun 2018 secara simultan berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menggunakan vaksin MR di Desa Bediwetan Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo?
Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi berjumlah 76, teknik sampling menggunakan sampling total. Data dikumpulkan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2 menggunakan analisis regresi linier sederhana yang dikuatkan dengan uji t, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah 3 menggunakan analisis regresi linier berganda yang dikuatkan dengan uji F.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) secara parsial, religiusitas berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menggunakan vaksin MR di Desa Bediwetan Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo karena thitung = 4,691 > ttabel = 1,993, atau besarnya pengaruh 22,9%. (2) Secara parsial, pengetahuan tentang fatwa MUI No.33 Tahun 2018 berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menggunakan vaksin MR di Desa Bediwetan Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo karea thitung = 4,877 > ttabel = 1,993, atau besarnya pengaruh 24,3%. (3) Secara simultan, religiusitas dan pengetahuan tentang fatwa MUI No.33 tahun 2018 berpengaruh terhadap keputusan masyarakat menggunakan vaksin MR di Desa Bediwetan Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo karena Fhitung = 30,425 > Ftabel = 3,12, atau besarnya pengaruh 45,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:52
Last Modified: 14 Dec 2020 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12296

Actions (login required)

View Item View Item