Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemesanan Desain Grafis pada Bisnis Usaha Gedang Godog di Brotonegaran Ponorogo

Nurani, Triyas Putri (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemesanan Desain Grafis pada Bisnis Usaha Gedang Godog di Brotonegaran Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TRIYAS UPLOAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nurani, Triyas Putri, 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemesanan Desain Grafis Pada Bisnis Usaha Gedang Godog di Brotonegaran Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Rohmah Maulidia, M.Ag.
Jual beli pesanan merupakan salah satu inovasi dalam bidang muamalah yang muncul didasarkan atas kebutuhan manusia terhadap suatu produk yang tidak tersedia di pasar, sehingga mereka cenderung melakukan akad dengan orang lain untuk menyediakan produk yang diinginkan sesuai dengan kualifikasi yang telah disebutkan. Gedang Godog merupakan salah satu brand usaha yang menyediakan jasa pembuatan desain grafis dengan menggunakan akad jual beli pesanan khususnya istiṣnā’. Dalam akad pemesanan desain grafis ini sering kali muncul adanya penundaan pembayaran dan juga pembatalan pesanan secara sepihak oleh pihak pembeli tanpa adanya persetujuan dari pihak penjual atau produsen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad pemesanan desain grafis di Gedang Godog? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penundaan pembayaran dalam pemesanan desain grafis di Gedang Godog? (3) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pembatalan pesanan secara sepihak dalam pemesanan desain grafis di Gedang Godog?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu suatu metode pembahasan yang diawali dengan menggunakan data kenyataan-kenyataan yang bersifat khusus berdasarkan pengalaman nyata (ucapan, perilaku subjek/situasi lapangan penelitian) dari hasil riset menuju ke teori.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) akad pemesanan desain grafis di Gedang Godog sah menurut hukum Islam. Hal ini dikarenakan masing-masing pihak telah memenuhi rukun dan syarat yang telah ditetapkan dalam Islam. (2) Penundaan pembayaran yang dilakukan oleh pembeli diperbolehkan. Hal ini berdasarkan kesepakatan ulama pengenai hadist Nabi Saw tentang penundaan pembayaran bagi orang yang memiliki udzur (3) Pembatalan secara sepihak dalam pemesanan desain grafis di Gedang Godog tidak sah menurut hukum Islam. Hal ini dikarenakan pembatalan yang terjadi tidak memenuhi sebab-sebab diperbolehkannya fasakh dalam Islam. Pembatalan secara sepihak yang terjadi tersebut merupakan salah satu perbuatan yang sangat merugikan bagi penjual.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:49
Last Modified: 14 Dec 2020 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12295

Actions (login required)

View Item View Item