Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemesanan Sketsa Dan Karikatur Manusia Di Wilayah Madiun

Rahmaddani, Nora Alfi (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemesanan Sketsa Dan Karikatur Manusia Di Wilayah Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NORA UPLOAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rahmaddani, Nora Alfi, 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemesanan Sketsa Dan Karikatur Manusia Di Wilayah Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ika Rusdiana, M.A.
Kata kunci: Istiṣn̅ā, Waktu Penyerahan, Sistem Pembayaran, Wanprestasi.
Istiṣn̅ā merupan akad jual beli dalam bentuk pemesanan tertentu yang disepakati antara pemesan (mustashni) dan pembuat barang (shani). Seperti praktik jasa lukis sketsa dan karikatur di wilayah Madiun. Pembuatan sketsa dan karikatur dilakukan dengan cara pemesanan dengan bertemu langsung maupun melalui media sosial, di mana dalam transaksi pemesanan sketsa dan karikatur manusia ini tidak ada penetapan waktu penyerahan barang dan tidak adanya penetapan waktu dan sistem pembayaran barang pesanan. Selain itu, dalam transaksi pemesanan sketsa dan karikatur manusia ini sering terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh pemesan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad dalam pemesanan sketsa dan karikatur manusia di wilayah Madiun, (2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian wanprestasi pada pemesanan sketsa dan karikatur manusia di wilayah Madiun.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data bersifat induktif yaitu penelitian dimulai dari fakta empiris menuju pada teori.
Dari analisis data yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) akad pemesanan sketsa dan karikatur di Madiun telah sesuai dengan rukun dan syarat akad Istiṣn̅ā, spesifikasi objek transaksi (mashnū) jelas dan disepakati di awal begitu juga dengan kesepakatan ditetapkan maupun tidak ditetapkannya waktu penyerahan barang. Selain itu, harga (tsaman) diketahui di awal dengan jelas yang dinyatakan dalam bentuk daftar harga, namun ada waktu dan sistem pembayaran yang tidak ditetapkan, hal ini didasarkan pada kepercayaan dan kesepakatan kedua belah pihak. 2) penyelesaian wanprestasi dalam pemesanan sketsa dan karikatur manusia di wilayah Madiun belum sesuai dengan hukum Islam, karena pihak pemesan sudah tidak dapat dihubungi lagi, dan tidak juga mengambil pesanan, sehingga tidak dapat dilakukan perdamaian atau penyelesaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:21
Last Modified: 14 Dec 2020 03:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12292

Actions (login required)

View Item View Item