Upaya Menumbuhkan Jiwa Intrapreneur Siswa Melalui Materi Kewirausahaan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MTs Sabilul Huda(Desa Karangjoho Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo)

Triyanto, Agus (2020) Upaya Menumbuhkan Jiwa Intrapreneur Siswa Melalui Materi Kewirausahaan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MTs Sabilul Huda(Desa Karangjoho Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AGUS TRIYANTO_211416029.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Triyanto, Agus. 2020. Upaya Menumbuhkan Jiwa Intrapreneur Siswa Melalui Materi Kewirausahaan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MTs Sabilul Huda (Desa Karangjoho Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muhammad Widda Djuhan, M.Si
Kata Kunci :. Jiwa Intrapreneur, Kewirausahaan, Pembelajaran IPS

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui upaya menumbuhkan jiwa intrapreneur, upaya sekolah menumbuhkanjiwa intrapreneur dan kendala sekolah dalam menumbuhkan jiwa intrapreneur. Penelitian menggunakan subjek penelitian kepala sekolah, guru, siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kewirausahaan khususnya dalam meningkatkan kemauan bibit pengusaha muda baru? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan kewirausahaan di dalam pembelajaran? 3) Bagaimana faktor apa sajayang menjadi hambatan dalam pembelajaran kewirausahaan tidak terlalu digemari bahkan tidak disukai kalayak umum?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran kewirausahaan khususnya dalam meningkatkan kemauan bibit pengusaha muda baru. 2) Untuk mengetahui Bagaimana Bagaimana pelaksanaan kegiatan kewirausahaan di dalam pembelajaran. 3) Untuk mengetahui Bagaimana faktor apa sajayang menjadi hambatan dalam pembelajaran kewirausahaan tidak terlalu digemari bahkan tidak disukai kalayak umum.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan masih ada kendala dan hambatan dalam menumbuhkan jiwa intrapreneur. Kendala yang terjadi media dan penyaluran prodak yang akan di kembangkan dalam praktik lewirausahaan. sehingga masih di ruang praktek dan di tahap pengembangan. Penilaian setiap siswa meliputi sikap dan karakter disiplin dan bertanggungjawab, ekstrakulikuler, dan budaya sekolah. Walapun begitu guru tidak bosan dan tidak berhenti mengingatkan dan menasehati agar semua berjalan selaras menuju tujuan yang telah di impikan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Dec 2020 22:15
Last Modified: 13 Dec 2020 22:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12289

Actions (login required)

View Item View Item