Pengaruh Budaya Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Kelas VIII SMPN 1 Mlarak Ponorogo

Putri, Saskia Indria (2020) Pengaruh Budaya Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Kelas VIII SMPN 1 Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SASKIA INDRIA PUTRI (210316252) NEW.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Putri, Saskia Indria 2020. Pengaruh Budaya Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Kelas VIII SMPN 1 Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Kharisul Wathoni, M.Pd.I

Kata Kunci: Budaya Sekolah, Lingkungan Keluarga, Pendidikan Karakter
Budaya sekolah merupakan sekumpulan nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian dan simbol-simbol yang dipraktikan oleh kepala sekolah, guru, petugas Admisnistrasi, siswa dan masyarakat sekitar sekolah. Lingkungan pertama dan utama yang mempengaruhi perkembangan dan tingkah laku anak disebut lingkungan keluarga. Pendidikan karakter melibatkan budaya sekolah dan lingkungan keluarga, pendidikan karakter adalah usaha membantu mengembangkan potensi manusia agar terbentuk akhlak, watak dan kepribadian potensi manusia agar terbentuk watak dan kepribadan sebagai manusia seutuhnya.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah terhadap pendidikan karakter siswa kelas VIII di SMP N 1 Mlarak Ponorogo. (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga berpengaruh terhadap pendidikan karakter siswa kelas VIII di SMP N 1 Mlarak Ponorogo. (3) Untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap pendidikan karakter siswa kelas VIII du SMP N 1 Mlarak Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner).
Adapun hasil dari uji hipotesis penelitian dimana nilai taraf signifikansi 0,000. Karena nilai taraf 0,000 < 0,05 maka disimpulkan H0 ditolak, yang artinya budaya sekolah berpengaruh secara signifikan dengan pendidikan karakter. Berdasarkan nilai taraf signifikan dengan pendidikan karakter 0,001 < 0,05 maka disimpulkan H0 ditolak yang artinya lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan dengan pendidikan karakter. Berdasarkan hasil nilai taraf signifikansi 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak yang artinya budaya sekolah dan lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap pendidikan karakter siswa, hasil diperoleh Fhitunng (11,832) > Ftabel(3,18). Dengan demikian Nilai Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak artinya terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara budaya sekolah dan lingkungan keluarga terhadap pendidikan karakter di kelas VIII SMPN 1 Mlarak Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: KHARISUL WATHONI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Dec 2020 09:06
Last Modified: 13 Dec 2020 09:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12282

Actions (login required)

View Item View Item