Studi Komparasi Efektivitas Kegunaan CCTV Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di MI Ma'arif Cekok, Babadan dan MI Ma'aarif Singosaren, Jenangan, Ponorogo Tahun 2019/ 2020

Vitasari, Endah Lux (2020) Studi Komparasi Efektivitas Kegunaan CCTV Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di MI Ma'arif Cekok, Babadan dan MI Ma'aarif Singosaren, Jenangan, Ponorogo Tahun 2019/ 2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210616104 ENDAH LUX VITASARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Vitasari, Endah Lux. 2020. Studi Komparasi Efektivitas Kegunaan CCTV Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik dalam KBM di MI Ma’arif Cekok, Babadan dan MI Ma’arif Singosaren, Jenangan, Ponorogo Tahun 2019/2020. Skripsi. Pembimbing, Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A..
Kata Kunci: CCTV, Kedisiplinan peserta didik, KBM
Sekolah yang disiplin merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Sekolah yang disiplin dapat diindikasikan ke dalam sekolah yang taat terhadap aturan yang diberlakukan. Sikap pertama yang harus dibangun dalam menaati setiap kebijakan yaitu dengan menanamkan sikap disiplin kepada guru dan siswa. Sikap disiplin guru yang terbentuk akan memberikan pengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik di sekolah karena guru dianggap sebagai contoh dan teladan bagi mereka. Kedisiplinan di sekolah dapat terbentuk dengan kesadaran baik guru maupun siswa. Sehingga selain menetapkan peraturan sebagai tata tertib sekolah pengawasan juga sangat diperlukan dalam membentuk karakter disiplin tersebut.
Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan kedisiplinan siswa di dua sekolah yang berbeda. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan kedisiplinan peserta didik dalam KBM di dua sekolah yang menggunakan CCTV dan yang tidak menggunakan CCTV.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode komparasi dengan instrumen berupa angket penelitian. Populasi pada penelitian ini berjumlah 36 peserta didik dari kelas 4 di MI Ma’arif Cekok, Babadan dan MI Ma’arif Singosaren, Jenangan, Ponorogo. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan 17 peserta didik dari kelas 4 sebagai anggota sampel dari masing-masing sekolah.
Berdasarkan hasil pengujian data terbukti bahwa sekolah yang menggunakan CCTV memiliki kedisiplinan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah yang tidak menggunakan CCTV. Penggunaan CCTV dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik memiliki tingkat yang sangat efektif dengan skala indikator terpenuhi 15 ≤ x ≤ 20 pada skor angket yang digunakan. Keefektifan penggunaan CCTV terbukti dari hasil uji independent sample t-test dengan membandingkan kedisiplinan peserta didik pada dua sekolah yaitu MI Ma’arif Cekok, Babadan dan MI Ma’arif Singosaren, Jenangan, Ponorogo yang diperoleh hasil Thitung= 6,172 dengan Ttabel= 2,042. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat diketahui bahwa hasil THitung > TTabel, sehingga H1 diterima dan Ho ditolak. Dari hasil penghitungan tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara tingkat kedisiplinan siswa dalam KBM di MI Ma’arif Cekok, Babadan dan MI Ma’arif Singosaren, Jenangan, Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2020 10:49
Last Modified: 12 Dec 2020 10:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12275

Actions (login required)

View Item View Item