(TAMBAHKAN WATERMARK) PENERAPAN METODE LATIHAN DAN PRAKTIK PADA PEMBELAJARAN KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SANTRI TERHADAP SENI BUDAYA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-ANWAR PLOSO PACITAN

Mahdi, Ali (2020) (TAMBAHKAN WATERMARK) PENERAPAN METODE LATIHAN DAN PRAKTIK PADA PEMBELAJARAN KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SANTRI TERHADAP SENI BUDAYA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-ANWAR PLOSO PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PERPUSTAKAAN !.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mahdi, Ali. 2020. Penerapan Metode Latihan Dan Praktik Pada Pembelajaran Kaligrafi Santri Dalam Meningkatkan Kreativitas Santri Terhadap Seni Budaya Islam Di Pondok Pesantren Al-Anwar Ploso Pacitan.Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Syafiq Humaisi, M. Pd.
Kata Kunci: Metode Latihan dan Praktik, Pembelajaran Kaligrafi, Kreativitas
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan siswa pada kreatifitas santri pada pembelajaran kaligrafi seperti pengenalan dan pengetahuan tentang bentuk dan macam-macam khat, cara penulisan, dan permasalahan lainya. Selain itu pengembangan yang dilakukan oleh santri hnaya sebatas media kertas dan kurang bervariasi.
Berdasarkan permasalahan diatas penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut: (1)Bagaimana penerapan metode latihan dan praktik pada pembelajaran kaligrafi dalam meningkatkan kreativitas santri terhadap seni budaya Islam di Pondok Pesantren Al-Anwar Ploso Pacitan. (2)Bagaimana hasil penerapan metode latihan dan praktik pada pembelajaran kaligrafi dalam meningkatkan kreativitas santri terhadap seni budaya Islam di Pondok Pesantren Al-Anwar Ploso Pacitan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang digunakan untuk meniliti pada kondisi objek yang alamiah. Teknik pengumpulan data pada penilitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan konsep miles dan huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber, pemeriksaan melalui diskusi, pemanfaatan bahan referensi, dan dengan mengadakan penegcekan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1)Penerapan metode latihan dan praktik pada pembelajaran kaligrafi dalam meningkatkan kreativitas santri terhadap seni budaya Islam. Dalam meningkatkan kreativitas santri, pembimbing dan pengurus kaligrafi menggunakan metode latihan dan praktik. Yang mana metode latihan dan praktik diterapkan dan sudah disesuaikan dengan materi agar santri lebih tertarik pada pembelajaran kaligrafi, dan santri kaligrafi dapat merespon materi yang telah diberikan oleh pembimbing.(2) Hasil penerapan metode latihan dan praktik pada pembelajaran kaligrafi dalam meningkatkan kreativitas santri terhadap seni budaya Islam, ditandai dengan adanya reflek dari santri kaligrafi di dalam membuat kaligrafi melalui imajinasi, mandiri, dan percaya diri terhadap materi yang sudah diajarkan di dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2020 10:48
Last Modified: 12 Dec 2020 10:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12272

Actions (login required)

View Item View Item