Peran Guru dalam Membentuk Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Jawa Pada Kelas V di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Oktaviana, Dwi (2020) Peran Guru dalam Membentuk Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Jawa Pada Kelas V di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI OKTAVIANA 210616163-dikonversi(1).pdf

Download (873kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Oktaviana, Dwi. 2020. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter melalui Pembelajaran Bahasa Jawa pada Kelas V di SD Tarbiyatul Islam, Kertosari, Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia, M. Pd

Kata Kunci : Peran Guru, Pembentukan Karakter, Bahasa Jawa.
Guru dalam pembelajaran berperan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Dalam hal ini, seorang guru juga dituntut untuk selalu membentuk karakter melalui pembelajaran bahasa Jawa, dalam rangka mampu memberikan dampak positif pada peserta didik terhadap perkembangan emosional, spiritual, dan kepribadian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran bahasa Jawa pada kelas V, (2) peran guru sebagai demonstrator dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran bahasa Jawa pada kelas V, (3) peran guru sebagai inovator dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran bahasa Jawa pada kelas V, (4) karakter siswa kelas V pada pembelajaran bahasa Jawa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. (1) Peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran bahasa Jawa pada kelas V yaitu. guru sebagai pemerjelas tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, guru sebagai pembangkit minat siswa, guru pemberi motivasi kepada siswa, guru pemberi motivasi belajar berupa nasihat dan saling berbagi pengalaman dengan siswa.
Selanjutnya, (2) Peran guru sebagai demonstrator dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran bahasa Jawa pada kelas V, yaitu. guru sebagai pemberi metode belajar yang tepat, guru sebagai pengelola pembelajaran secara efektif dan efisien, guru sebagai pembimbing dalam membekali keterampilan pada siswa, guru sebagai penunjuk kepada siswa dengan adanya segala sesuatu. (3) Peran guru sebagai inovator atau pembaharu dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran bahasa Jawa kelas V yaitu. guru sebagai pembentuk karakter siswa melalui penerapan strategi belajar yang tepat, guru sebagai pendorong siswa dalam menggunakan bantuan teknologi dalam proses belajar siswa, guru sebagai penolong siswa dalam menemukan jati dirinya, guru sebagai pengembang daya pikir siswa melalui model pembelajaran yang kreatif. (4) Karakter yang berhasil ditanamkan dalam pembelajaran bahasa Jawa sehingga terbentuk kepada semua siswa kelas V adalah karakter religius, nasionalis, jujur, disiplin, kerja keras, toleransi, gotong royong, rasa ingin tahu, gemar membaca, dan solidaritas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2020 10:47
Last Modified: 12 Dec 2020 10:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12270

Actions (login required)

View Item View Item