IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN (STUDI KASUS DI MADRASAH DINIYAH AR-ROHMAN SAYUTAN, PARANG, MAGETAN)

Nasrudin, Muhamad (2020) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN (STUDI KASUS DI MADRASAH DINIYAH AR-ROHMAN SAYUTAN, PARANG, MAGETAN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
UPLOAD_SKRIPSI_MUHAMAD NASRUDIN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nasrudin, Muhamad, 2020, Implementasi Metode Ummi dalam Peningkatkan Pembelajaran Al-Quran (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Ar-Rohman, Sayutan, Parang, Magetan), Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Kharisul Wathoni, M.Pd.I.

Kata kunci: Implementasi, Metode Ummi, Pembelajaran Al-Quran

Al-Quran merupakan pedoman dan petunjuk hidup bagi umat Islam, yang sudah tidak ada keraguan didalamnya. Maka seyogyanya al-Quran harus sejak dini diajarkan pada anak-anak melalui lembaga pendidikan atau keluarga sehingga mampu membaca alQuran dengan benar sesuai dengan kaidah atau aturan membacanya. Namun dalam proses pembelajaran membaca al-Quran dilembaga formal maupun nonformal seiring berjalanya waktu pasti menemui banyak problematika sehingga memerlukan suatu metode untuk mengatasinya. Metode Ummi adalah salah satu metode yang diterapkan di Madrasah Diniyah Ar-Rohman untuk mengatasinya. Ummi bermakna Ibuku. Pendekatan yang digunakan dalam metode ini adalah bahasa ibu yaitu metode langsung, diulang-ulang, kasih sayang yang tulus.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui implementasi Metode Ummi dalam peningkatkan pembelajaran al-Quran di Madrasah Diniyah Ar-rohman. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam program pembelajaran al-Quran melalui Metode Ummi di Madrasah Diniyah Ar-Rohman.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan triagulasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Implementasi Metode Ummi dalam peningkatkan pembelajaran al-Quran cukup bagus terhadap perkembangan kemampuan santri dalam membaca al-Quran. Secara keseluruhan kegiatan ini berhasil dan berdampak baik bagi perkembangan kemampuan santri. (2) Faktor pendukung implementasi metode Ummi dalam peningkatkan pembelajaran al-Quran antara lain : Adanya guru yang mumpuni dalam metode Ummi, tersedianya sarpras, seperti meja, alat tulis, papan tulis, Antusias santri yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran, Peran orang tua yang ikut membantu mengondisikan santri pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. (3) Faktor penghambat implementasi Metode Ummi dalam peningkatkan pembelajaran al-Quran yaitu belum semua guru di Madrasah Diniyah ini memiliki sertifikat mengajar al-Quran Metode Ummi, terbatasnya buku atau jilid Ummi yang dimiliki dan Santri kecapekan dan mengantuk karena paginya juga sekolah formal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2020 10:46
Last Modified: 12 Dec 2020 10:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12269

Actions (login required)

View Item View Item