(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA) Implementasi Teknologi Pendidikan Berbasis Digital dalam Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa: (StudiKasus pada Start Up Bimbingan Belajar dalam Jaringan Ruang Guru Di Kota Yogyakarta)

Agustin, Mufida (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA) Implementasi Teknologi Pendidikan Berbasis Digital dalam Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa: (StudiKasus pada Start Up Bimbingan Belajar dalam Jaringan Ruang Guru Di Kota Yogyakarta). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MUFIDA AGUSTIN_210616210_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Memasuki era globalisasi yang identik dengan istilah modernisasi, semua aspek kehidupan menunjukkan perubahan. Globalisasi adalah suatu proses pembaharuan yang mencakup semua aspek kehidupan, menggunakan teknologi sebagai media
utama. Teknologi sebagai media utama, memegang peranan penting dalam setiap perkembangan tak terkecuali pada bidang pendidikan. Beragam kemudahan yang didapat belajar dengan menggunakan teknologi membuat siswa belajar lebih efektif dan lebih efisien. Fenomena aplikasi bimbingan belajar online Ruang Guru begitu mencuri perhatian pelajar Indonesia. Fitur-fitur pembelajaran yang tersedia melalui apllikasi Ruang Guru serta kemudahan yang ditawarkan sebagai salah satu alternative bimbingan bejar secara online yang dengan mudah dapat diakses melalui smartphone,laptop maupun tablet. Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan kepada pengguna sangat beragam serta menarik seperti Ruang Uji, Ruang Les, Ruang Les Online, Digital Boot Camp, Ruang Vidio memungkinkan peserta didik untuk memperbaharui kemampuan belajarnya. Menariknya fitur unggulan yang ditawarkan diharapkan mampu untuk meningkatkan minat belajar yang akan mempengaruhi prestasi belajar siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bahwa aplikasi belajar Ruang Guru dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa, mengetahui model, qmetode dan evaluasi pembelajaran, bagi siswa sekolah dasar menggunakan bimbingan belajar dalam jaringan Ruang Guru dalam implementasi teknologi digital
upaya peningkatan prestasi belajar dan minat belajar di Kota Yogyakarta. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument
observasi, wawancara, dokumentasi dan gabungan/triangulasi. Teknik pengambilan data di lakukan secara acak yang disebarkan ke beberapa sekolah dasar dikota
Yogyakarta melalui angket secara online. Setelah data telah terkumpul, data tersebut di reduksi kemudian penyajian data dilakukan secara apik sehingga dapat ditarik
kesimpulan. Hasil analasis data di temukan bahwa : 1) Aplikasi belajar dalam jaringan Ruang Guru membantu untuk meningkatkan minat belajar siswa 2) Aplikasi belajar dalam jaringan Ruang Guru membantu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa 3) Ruang guru menggunakan model pembelajaran blended learning 4) Metode pembelajaran ruangguru.com yaitu: Ruang Video menggunakan metode demonstrasi, metode
ceramah dan sosiodrama, , Ruang Les Online menggunakan metode pembelajaran diskusi yakni memecahkan masalah dengan berbagai tanggapan, Ruang Les metode tanya jawab, memecahkan masalah dengan umpan balik, diskusi, eksperimen, ceramah,dan metode proyek, Digital Bootcamp menggunakan metode tanya jawab dan diskusi dengan tutor di ruangguru.com, Ruang Latihan menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas 5) Aplikasi belajar ruang guru memiliki evaluasi belajar berupa rapor yang dapat dikirim melalui pesan via whatsapp kepada wali murid

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2020 10:39
Last Modified: 12 Dec 2020 10:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12265

Actions (login required)

View Item View Item