Analisis Hukum Islam Terhadap Bisnis Islam Multi Level Marketing (MLM) Stokis Herbal Penawar Al Wahida Indonesia (HPAI) Yanti Pulung Ponorogo

Krisdiantini, Fitria (2020) Analisis Hukum Islam Terhadap Bisnis Islam Multi Level Marketing (MLM) Stokis Herbal Penawar Al Wahida Indonesia (HPAI) Yanti Pulung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
fitria upload.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Krisdiantini, Fitria, 2020. Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Bisnis Multi Level Marketing (MLM) Stokis Herbal Penawar Al Wahida Indonesia (HPAI) Pulung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I.

Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Multy Level Marketing Herbal Penawar Al Wahida Indonesia (HPAI)

Etika bisnis Islam adalah seperangkat prinsip dan norma dimana pelaku bisnis harus komitmen padanya dalam bertransaksi, berperilaku, dan berelasi guna mencapai daratan atau tujuan-tujuan bisnisnya dengan selamat. Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan produk di mana sistem atau cara pemasarannya dilakukan melalui kegiatan penjualan langsung melalui jaringan pemasaran yang dikembangkan mitra usaha dengan konsep Halal Network. Dalam strategi pemasaran yang dilakukan oleh Stokis HPAI pulung dalam hal berpromosi mereka menggunakan cara-cara yang berlebihan dengan menggunggul-unggulkan produk HPAI tersebut, sedangkan untuk testimoni yang diberikan itu belum jelas terkait kebenarannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis Etika Bisnis Islam terhadap strategi pemasaran pada bisnis MLM Stokis Herbal Penawar Al Wahida Indonesia (HPAI) Yanti Pulung Ponorogo? (2) Bagaimana Analisis Etika Bisnis Islam terhadap testimoni pada bisnis MLM Stokis Herbal Penawar Al Wahida Indonesia (HPAI) Yanti Pulung Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu teknik menggambarkan seluruh aspek penelitian yang ada, sehingga bisa menggambarkan antara yang seharusnya terjadi dan dapat digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, pertama dalam strategi pemasarannya stokis HPAI Pulung secara garis besar sudah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam, hanya saja ada dua prinsip yang belum terpenuhi secara keselurahan yaitu prinsip tanggung jawab dan prinsip kebenaran. karena dalam melakukan pemasaran mereka menggunakan daya tarik yang berlebihan denganmengiming-imingi pendapatan yang besar dalam waktu yag singkat. Kedua, dalam pemberian testimoni mereka menjanjikan kualitas produk yang belum tentu terjamin kebenarannya. Hal ini juga bertentangan dengan prinsip tanggung jawab dan kebenaran. Karena memmberikan suatu kepastian yang belum jelas kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2020 10:22
Last Modified: 12 Dec 2020 10:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12249

Actions (login required)

View Item View Item