NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM TAARE ZAMEEN PAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR

PRATIWI, WIDYA CAHYA (2020) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM TAARE ZAMEEN PAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616129_WIDYA CAHYA PRATIWI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pratiwi, Widya Cahya. 2020. Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Taare Zameen Par dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing , Ulum Fatmahanik, M. Pd.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Film Taare Zameen Par
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perilaku menyimpang atau menyalahi aturan pada anak sekolah dasar. Sebagai contoh merosotnya karakter anak sekolah dasar adalah kurangnya kedisiplinan siswa, siswa malas untuk belajar, tidak tanggung jawab, berbohong kepada guru dan oang tua, mencuri, dan berkelahi dengan teman.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan Nilai Pendidikan Karakter pada film Taare Zameen Par. (2) Menjelaskan Relevansi nilai pendidikan karakter dalam film Taare Zameen Par dengan pendidikan karakter anak sekolah dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau library research dengan pendekatan semiotika. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer, yaitu video dari film Taare Zameen par dan sumber data sekunder, yaitu buku, jurnal, dan segala macam data yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi atau content analysis.
Berdasarkan analisis data ditemukan: (1) Nilai pendidikan karakter dalam film Taare Zameen Par berdasarkan sumber pendidikan karakter mengandung nilai-nilai karakter dintaranya, disiplin, percaya diri, peduli sosial, mandiri, kreatif, dan kerja keras.. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam Film Taare Zameen Par memiliki relevansi dengan pendidikan karakter anak sekolah dasar pada nilai karakter disiplin (mentaati aturan, belajar setiap hari, tidak terlambat masuk sekolah, berseragam sesuai dengan ketentuan sekolah, berbaris dengan tertib, melaksanakan tugas piket, membuang sampah pada tempatnya, tidur dan bangun tepat waktu, makan secara teratur), percaya diri (memberikan pujian, memberikan kebebasan berkreasi, memberikan motivasi), peduli sosial (membantu teman yang kesusahan dalam belajar, meminjamkan alat tulis ketika teman membutuhkan, tidak membeda-bedakan teman, selalu menjaga kebersihan sekolah), mandiri (berangkat kesekolah sendiri, mengenakan seragam sendiri , mengambil makanan tanpa bantuan orang lain, mengerjakan tugas sendiri, membersihkan laci, meja dan kursi tempat duduk dikelas tanpa bantuan orang lain, tidak membuang sampah sembarangan), kreatif (memberikan kesempatan pada siswa untuk bereksplorasi, menyediakan sumber bahan yang menarik dan memciptakan kelas yang nyaman), dan kerja keras ( giat dan bersemangat dalam belajar, tidak mudah putus asa dan berusaha, dalam dirinya penuh dengan keyakinan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ULUM FATMAHANIK
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Dec 2020 03:18
Last Modified: 11 Dec 2020 03:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12243

Actions (login required)

View Item View Item