tinjauan maslahah terhadap larangan mengkonsumsi hewan membahayakan secara medis

Sholikhah, Nikmatus (2020) tinjauan maslahah terhadap larangan mengkonsumsi hewan membahayakan secara medis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NIKMATUS SOLIKHAH HES 210216092.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sholikhah, Nikmatus, 2020. Tinjauan Mas}lah}ah Terhadap Larangan Mengkonsumsi Hewan Membahayakan Secara Medis. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Hj. Atik Abidah, M.S.I.
Kata Kunci: Mas}lah}ah, Larangan Mengkonsumsi Hewan Membahayakan, Medis
Asal hukum makanan adalah halal, halal merupakan sesuatu yang diperbolehkan dalam syariat Islam untuk dilakukan, dipergunakan, atau diusahakan dan terbebas dari hal yang membahayakan dengan memperhatikan dan memperoleh yaitu bukan berasal dari muamalah yang dilarang. Sedangkan haram berarti sesuatu yang dilarang dengan larangan yang tegas untuk dilakukan atau dipergunakan baik disebabkan karena zatnya maupun cara mendapatkannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Tinjauan Mas}lah}ah Terhadap Larangan Mengkonsumsi Hewan Membahayakan Secara Medis? (2) Bagaimana Tinjauan Mas}lah}ah Terhadap Kandungan Yang Ada Pada Hewan Membahayakan Secara Medis?
Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu dengan menggunakan metode pustaka. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan bahan-bahan pustaka yang berkesinambungan (koheren) dengan obyek pembahasan yang diteliti. Metode analisis data yang digunakan penulis adalah metode induktif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpuan bahwa: Pertama, Larangan Mengkonsumsi Hewan Membahayakan Secara Medis merupakan petunjuk yang diberikan Allah untuk menjamin dan memberikan pilihan kepada manusia dalam mengkonsumsi makanan yang terjamin kebaikannya. Larangan ini termasuk kategori Mas}lah}ah Mu’tabarah, yaitu adanya dalil khusus yang menjadi dasar bentuk dan jenis kemaslahatan tersebut. Ditinjau dari segi kesehatan secara medis, ada beberapa alasan logis yang menjadi sebab larangan. Kedua, efek yang ditimbulkan dari mengkonsumsi hewan membahayakan tersebut dapat membahayakan keselamatan jiwa, raga, dan akal manusia. Ulama uṣūl fiqh pada umumnya menyatakan bahwa untuk mewujudkan kemaslahatan dunia dan akhirat ada lima pokok kebutuhan yang harus diwujudkan dan dipelihara. Al- mas}lah}ah d{aru>riyah ialah kemaslahatan yang berhubungan dengan kebutuhan pokok umat manusia di dunia dan di akhirat, dimana tanpa kedatangannya akan menimbulkan cacat dan cela.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Dec 2020 02:16
Last Modified: 11 Dec 2020 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12234

Actions (login required)

View Item View Item