Pandangan Ulama Kabupaten Ponorogo Tentang Penggunaan Plasma Darah

Rofi'ah, Lutfi Nur (2020) Pandangan Ulama Kabupaten Ponorogo Tentang Penggunaan Plasma Darah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LUTFI NUR ROFI'AH HES 210216094.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lutfi, Nur Rofi’ah. 2020. Pandangan Ulama Kabupaten Ponorogo Tentang Penggunaan Plasma Darah. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Dr. H.Saifullah, M.Ag.

Kata Kunci/keyword: Plasma Darah, Ulama, Istinba>t, Tipologi
Pesatnya perkembangan cara pengobatan dunia modern sekarang turut andil terhadap terjadinya berbagai kontroversi baik di masyarakat maupun pada kalangan Ulama. Seperti halnya perkembangan pada penggunaaan plasma darah di Kabupaten Ponorogo, saat ini plasma sudah sangat berkembang baik digunakan sebagai bahan obat maupun produk kecantikan. Yang menjadi permasalahan saat ini plasma masih menjadi polemik para Ulama tentang kehalalanya sehingga menimbulkan perbedaan pandangan tentang suatu obyek yang mana secara eksplisit kurang dijelaskan di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadith.
Dari uraian yang telah dipaparkan diatas penulis menggunakan dua rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana Pandangan Ulama Kabupaten Ponorogo tentang hukum menggunakan plasma darah sebagai bahan obat dan produk kecantikan? (2) Bagaimana tipologi pandangan Ulama Kabupaten Ponorogo tentang penggunaan plasma darah?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Yaitu metode jenis penelitian yang bersifat deskriptif-kompratif yaitu terjun langsung ke lapangan dengan memetakan pendapat para ulama, sehingga jelas perbedaannya dan persamaannya yang memunculkan klasifikasi-klasifikasi menurut jenis pendapatnya masing-masing.
Dari pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) ketentuan mengenai hukum menggunakan plasma menurut pandangan Ulama Kabupaten Ponorogo terdapat ikhtila>f (beda pendapat). Pendapat yang mengharamkan namun tidak mutlak haram dengan pertimbangan diperbolehkan jika mencapai tahap hifdzu>dn nafs (menjaga jiwa). Sedangkan pendapat yang membolehkan dengan pertimbangan secara ilmu pengetahuan saintifik dibuktikan bahwa plasma bukan berasal dari sesuatu yang di nash’kan keharamannya oleh Al-Qur’an dan pertimbangan ahli medis jika plasma mempunyai kemampuan untuk mengobati diatas benda suci. (2) Tipologi pemikiran yang sesuai terdapat dua pemetaan tipologi pemikiran, yaitu tipologi pemikiran Islam tradisional yang berpegang teguh pada sumber tradisi yang telah mapan yang berusaha melebarkan penerimaan tradisi pada khulafa’ al-rasidi>n sampai pada Salaf al-Sali>h, sehingga bisa menerima kitab-kitab klasik sebagai bahan rujukan. Dan tipologi pemikiran Islam modernis yaitu pemikiran yang menekankan kepada dimensi rasional serta pembaharuan pemikiran Islam sesuai dengan situasi dan kondisi di era modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SAIFULLAH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 23:56
Last Modified: 10 Dec 2020 23:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12231

Actions (login required)

View Item View Item