Upaya Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur'an Dengan Metode Ummi Di TPQ Al-Bukhori, Desa Gelanglor, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo

Sarqowi, Mursid (2020) Upaya Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur'an Dengan Metode Ummi Di TPQ Al-Bukhori, Desa Gelanglor, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MURSID SARQOWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sarqowi, Mursid. 2020. Upaya Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an dengan Metode Ummi di TPQ Al-Bukhori, Desa Gelanglor, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Evi Muafiah, M.Ag.
Kata kunci: Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an, Metode Ummi.
Al-Qur’an adalah kitab sucinya umat muslim, maka wajib bagi setiap muslim untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, benar dan sesuai kaidah atau aturan membacanya, baik bagi orang dewasa, remaja maupun anak-anak. Dalam proses pembelajaran Al-Qur’an setiap anak memiliki daya serap yang berbeda-beda, sehingga membutuhkan strategi yang tepat. Metodelah salah satu jawabannya. Di TPQ Al-Bukhori, Desa Gelanglor, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo dalam proses pembelajaran Al-Qur’annya menggunakan Metode Ummi sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk: (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode ummi di TPQ Al-Bukhori, Desa Gelanglor, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo. (2) Untuk mengetahui hasil kualitas membaca Al-Qur’an murid setelah mendapat pembelajaran Al-Qur’an dengan metode ummi di TPQ Al-Bukhori, Desa Gelanglor, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Proses pembelajaran Al-Qur’an menggunakan buku Ummi jilid 1 sampai jilid 6, Al-Qur’an, buku tajwid dan ghorib. Model pembelajarannya menggunakan model privat individual yakni, murid dipanggil satu persatu secara bergantian menghadap ke gurunya dan yang lainnya diberi tugas untuk membaca sendiri-sendiri pelajaran yang kemarin. Evaluasinya dilakukan secara langsung ketika murid membaca dihadapan guru. (2) Hasilnya sangat membantu untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an para murid di TPQ Al-Bukhori, baik dari segi makharijul huruf, tajwid dan kelancarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 23:54
Last Modified: 10 Dec 2020 23:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12226

Actions (login required)

View Item View Item