Adaptasi Peer Teaching Berdasarkan Pada Kondisi Lintas Pendidikan dan Hubungannya Terhadap Pendidikan Agama Islam

Elyasari, Yesy (2020) Adaptasi Peer Teaching Berdasarkan Pada Kondisi Lintas Pendidikan dan Hubungannya Terhadap Pendidikan Agama Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Yesy Elyasari 210316360.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Elyasari, Yesy. 2020. Adaptasi Peer Teaching Berdasarkan pada Kondisi Lintas Pendidikan dan Hubungannya terhadap Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu sKeguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Wirawan Fadly, M.Pd.

Kata Kunci: Peer Teaching, Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam merupakan materi ke-Islaman di sentra-sentra belajar, semuanya dikemas dengan baik agar dicapai kualifikasi tertentu dalam diri peserta didik, dan tak terlepas dari nilai-nilai Agama Islam. Corak Islam yang kuat akan terealisasikan bila materi yang disampaikan tersusun secara sistematis dan dalam konsep materi pembelajaran yang utuh. Upaya untuk memenuhi persyaratan ganda dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran, diperlukan peningkatan minat untuk melibatkan siswa sebagai mitra dalam belajar dan mengajar, dalam hal ini dapat menggunakan metode peer teaching. Lebih dekatnya hubungan antar teman dibandingkan dengan hubungan antara guru dengan siswa, dapat mendukung adanya suatu motivasi tersendiri bagi anak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bentuk peer teaching dalam berbagai lintas pendidikan, (2) mengetahui hubungan antara peer teaching dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode literature review, Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari hasil-hasil penelitian yang sudah dilakukan dan diterbitkan dalam jurnal online internasional berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh penulis dari setiap jurnal yang diambil. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumenter, dan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkkan bahwa : (1) Terdapat 2 bentuk peer teaching yaitu peer teaching yang dilakukan oleh teman sebaya dan peer teaching yang dilakukan oleh kakak tingkat atau mahasiswa senior. (2) Terdapat beberapa hubungan pendidikan agama Islam yang sesuai dengan “peer teaching”, yaitu pertama, tujuan pendidikan agama Islam untuk menjadikan manusia yang berakhlak dan taat beragama, dalam menjaga keharmonisan secara personal dan sosial diperlukan interaksi dengan sesama manusia (QS. Al-Hujurat ayat 13), dimana di dalam proses pembelajaran peer teaching membutuhkan interaksi dengan seorang teman, ini mengajarkan bahwa pentingnya mempunyai hubungan yang baik dengan sesama manusia; kedua, metode peer teaching implementatif dengan materi pendidikan agama Islam, salah satunya adalah pembelajaran Iqra yang mempunyai metode asistensi, dimana metode ini sesuai dengan peer teaching; dan ketiga fungsi penyaluran pendidikan agama Islam yang secara tidak langsung mengharuskan untuk menuntut ilmu serta mengamalkannya (QS. At-Taubah Ayat 122), disini dijelaskan bahwa kita harus menuntut ilmu dan mengamalkan ilmu yang telah kita peroleh, seperti dalam peer teaching yang menerapkan hal tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 23:52
Last Modified: 10 Dec 2020 23:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12225

Actions (login required)

View Item View Item