Analisis Komparasi Keterampilan Inferensi Peserta Didik Ditinjau Dari Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran IPA Kelas VII Di SMP Ma’arif 1 Ponorogo

Zahro, Rifqi (2020) Analisis Komparasi Keterampilan Inferensi Peserta Didik Ditinjau Dari Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran IPA Kelas VII Di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211316028 RIFQI ZAHRO SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Zahro, Rifqi. 2020 Analisis Komparasi Keterampilan Inferensi Peserta Didik Ditinjau dari Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Ipa Kelas VII Di Smp Ma’arif 1 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Faninda Novika Pertiwi, M.Pd
Kata Kunci: Keterampilan Inferensi, Pendekatan Saintifik, Problem Solving.
Keterampilan inferensi merupakan keterampilan menyimpulkan sementara mengenai kesimpulan suatu fenomena setelah adanya proses pengumpulan data, dan kegiatan interpretasi data dari informasi yang telah dikumpulkan, keterampilan inferensi memiliki peran yang penting untuk peserta didik dalam pembelajarahn maupun dalam menghadapi fenomena kehidupan sehari-hari, namun keterampilan inferensi peserta didik masih perlu ditingkatkan lagi, melihat observasi awal yang menunjukan hasil keterampilan inferensi peserta didik masih kurang. Oleh sebab itu dipilihlah model pembelajaran problem solving dengan pendekatan saintifik untuk melihat model tersebut dapat mempengaruhi keterampilan inferensi peserta didik.
Penelitian ini dilakukan di SMP Ma’arif 1 Ponorogo, dengan tujuan untuk: 1) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan saintifik yang dilakukan di kelas VIIC SMP Ma’arif 1 Ponorogo, 2) Mengetahui aktivitas peserta didik selama menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan saintifikdi kelas VIIC SMP Ma’arif 1 Ponorogo, 3) Mengetahui adakah perbedaan keterampilan inferensi peserta didik yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan saintifik dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPA kelas VII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui tes tulis. Kemudian data tersebut dianalisi dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial menggunakan Uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP 1 Ma’arif Ponorogo. Sampel diambil menggunakan tekhnik purposive sampling yang dimaksudkan untuk mencari kelas yang memiliki kemampuan kognitif yang sama. Kemudian dipilih kelas VIIC dan VIIB, dimana kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan VIIB sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan selama 3 minggu.
Hasil penelitian menunjukan jika keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan saintifik menunjukan presentase nilai sebanyak 86,6%. Kemudian aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan saintifik menunjukan hasil keaktivan peserta didik sebesar 90%, dan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kelas yang menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan inferensi peserta didik, dimana hasil dari penghitungan SPPS menunjukan t hitung 3,028 > dari t tabel yaitu 2,079 yang artinya ada perbedaan keterampilan inferensi peserta didik yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: FANINDA NOVIKA PERTIWI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 23:51
Last Modified: 10 Dec 2020 23:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12223

Actions (login required)

View Item View Item