Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) Terhadap Implementasi Kepatuhan Syariah Pada Produk-Produk Pembiayaan di BMT Surya Mandiri Cabang Pembantu Jetis

Uhtiyani Khoiron, Hayyin (2020) Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) Terhadap Implementasi Kepatuhan Syariah Pada Produk-Produk Pembiayaan di BMT Surya Mandiri Cabang Pembantu Jetis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
APLUD PUBLIKASI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Uhtiyani Khoiron, Hayyin, 2020. Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) terhadap Implementasi Kepatuhan Syariah pada Produk-Produk Pembiayaan di BMT Surya Mandiri Cabang Pembantu Jetis. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Isnatin Ulfah, M.H.I.
Kata kunci: BMT, Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah, Mud}a>rabah
Mud}a>rabah dalam KHES adalah kerjasama antara pemilik dana atau penanam modal dengan pengelola modal untuk melakukan usaha tertentu dengan bagi hasil. Dalam KHES Buku II Bab VIII pasal 231 ayat 3, pasal 233, pasal 234, dan pasal 236 disebutkan bahwa bidang usaha yang akan dilakukan dan pembagian keuntungan antara kedua belah pihak harus dinyatakan secara jelas dan pasti, serta sesuai kesepakatan. Dalam praktiknya, pembiayaan mud}a>rabah di BMT Surya Mandiri Capem Jetis pihak BMT hanya melakukan survey terkait kondisi nasabah, tanpa menyurvey bidang usaha yang dikerjakan nasabah, sehingga pembiayaan tersebut terkadang digunakan untuk kebutuhan konsumtif. Sedangkan pembagian keuntungan dianggap kurang jelas dan pasti, di mana keuntungan yang seharusnya menjadi milik bersama, BMT hanya menentukan persentase keuntungannya sendiri tanpa menentukan persentase keuntungan yang menjadi bagian nasabah selaku pengelola. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian di BMT Surya Mandiri Capem Jetis.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap penentuan bidang usaha yang dibiayai oleh BMT Surya Mandiri Cabang Pembantu Jetis? (2) Bagaimana tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap pembagian keuntungan pada produk-produk pembiayaan di BMT Surya Mandiri Cabang Pembantu Jetis?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah metode deduktif. Selain itu peneliti juga menggunakan teknis analisa data normatif yang berangkat dari norma-norma hukum ke fakta sosial.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada bidang usaha yang sudah sesuai dengan KHES dan ada yang belum sesuai dengan KHES. Dikatakan sesuai karena pembiayaan yang diberikan digunakan untuk bidang usaha yang produktif dan menghasilkan keuntungan. Sedangkan belum sesuai karena digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif nasabah yang tidak menghasilkan keuntungan, karena bukan bidang usaha. Adapun pembagian keuntungannya ada yang sudah sesuai KHES, dan ada yang belum sesuai KHES. Dikatakan sesuai karena telah ditentukan secara jelas dan pasti. Sedangkan belum sesuai karena BMT hanya menentukan persentase keuntungannya sendiri dan sudah termasuk jumlah cicilan serta jasa nasabah tiap bulannya, tanpa menentukan persentase keuntungan yang menjadi bagian nasabah selaku pengelola. Sehingga, pengelola belum memperoleh persentase keuntungan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Isnatin Ulfah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 23:44
Last Modified: 10 Dec 2020 23:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12213

Actions (login required)

View Item View Item