Nilai-Nilai Keteladanan dalam Sosok Abu Bakar Ash-Shiddiq r.a. dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VII, VIII, IX Madrasah Tsanawiyah

Fauzi, Afifah Asmul (2020) Nilai-Nilai Keteladanan dalam Sosok Abu Bakar Ash-Shiddiq r.a. dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VII, VIII, IX Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AFIFAH ASMUL FAUZI 210316342 .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Afifah Asmul Fauzi. 2020. Nilai-Nilai Keteladanan dalam Sosok Abū Bakar Ash-Ṣhiddīq r.a. dan Relevansinya dengan Materi Akīdah Akḥlāk Kelas VII, VIII, IX Madrasah Tsanawiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci: Keteladanan, Abū Bakar Ash-Ṣhiddīq r.a., Relevansi
Keteladanan berarti hal yang dapat ditiru atau dicontoh. Kenyataan yang seringkali terjadi di kehidupan ini justru perilaku yang amoral dan tidak mencerminkan nilai-nilai akḥlāk. Perilaku amoral dilakukan oleh anggota masyarakat, bahkan terjadi dari lembaga pendidikan yang notabennya adalah manusia yang terdidik. Seseorang perlu memperoleh keteladanan yang baik dari orang lain, supaya dapat mewujudkan pribadi yang baik. Sahabat nabi yaitu Abū Bakar Ash-Ṣhiddīq r.a., beliau merupakan salah satu sahabat nabi yang memiliki akḥlāk yang baik. Sebagai makhluk Allah kita perlu mencontoh keteladanan yang ada pada diri Abū Bakar Ash-Ṣhiddīq r.a.. Pada pendidikan Madrasah Tsanawiyah, sudah terdapat materi yang bisa di pelajari mengenai akḥlāk dan mencerminkan keteladanan yang ada pada diri Abū Bakar Ash-Ṣhiddīq r.a..
Selanjutnya penulis disini bertujuan sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui nilai-nilai keteladanan dalam sosok Abū Bakar Ash-Ṣhiddīq r.a. (2) Untuk mengetahui relevansi keteladanan dalam sosok Abū Bakar Ash-Ṣhiddīq r.a.. dengan materi akīdah akḥlāk kelas VII, VIII, IX Madrasah Tsanawiyah.
Peneliti pada skripsi ini menggunakan metode penelitian Studi Pustaka (library Research). Dalam penelitian ini yang dilakukan penulis adalah mengumpulkan informasi mengenai teori-teori yang berkaitan dengan penelitian, yaitu dengan membaca literatur atau buku yang ada di perpustakaan. Pengumpulan data tersebut digunakan guna mendukung proses penelitian.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : (1) nilai-nilai keteladanan Abū Bakar Ash-Ṣhiddīq r.a. yaitu jujur, ikhlas, dermawan, taat kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya, rendah hati, kesetiannya kepada Rasulullāh Saw., keteguhan iman, ilmu dan pengetahuan luas. (2) Relevansi keteladanan Abū Bakar Ash-Ṣhiddīq r.a.dengan materi akīdah akḥlāk kelas VII, VIII, IX Madrasah Tsanawiyah sangat mengalami keterkaitan. Antara materi yang ada memang telah di paparkan mengenai keteladanan Abū Bakar Ash-Ṣhiddīq r.a., hal tersebut membuktikan bahwa materi pembelajaran sangat mengambil peran penting pada tokoh Abū Bakar Ash-Ṣhiddīq r.a.. Tujuan dari pembelajaran tersebut, untuk melatih dan menerapkan kepada peserta didik agar terbiasa melakukan keteladanan dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 23:39
Last Modified: 10 Dec 2020 23:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12208

Actions (login required)

View Item View Item