Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jasa Persewaan Alat Camping (Study Kasus Di Shelter Outdoor Ponorogo)

Kurniawati, Ari (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jasa Persewaan Alat Camping (Study Kasus Di Shelter Outdoor Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi upload e-thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurniawati, Ari. 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jasa Persewaan Alat Camping (Study Kasus Di Shelter Outdoor Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Saifullah, M.Ag.
Kata Kunci : Hukum Islam, ijārah

Bentuk kegiatan muamalah yang berkaitan dengan sewa menyewa baik itu berupa barang atau tenaga manusia sudah sangat bervariasi dilakukan oleh masyarakat ponorogo. Salah satunya adalah yang dilakaukan oleh jasa persewaan peralatan camping di Shelter Ponorogo. Dimana jasa ini bergerak dalam jasa sewa menyewa peralatan camping dengan target utamanya adalah anak SMA, mahasiswa, hingga orang dewasa yang ingin melakukan kegiatan adventure atau pendakian tetapi terkendala peralatan. Sewa menyewa dalam hukum Islam merupakan suatu perjanjian dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk memberikan kepada pihak lainnya kenikmatan dari suatu barang selama waktu tertentu. Dalam hal ini menggunakan akad ija>rah yang didalamnya terdapat rukun dan syarat salah satunya mengenai ketentuan dan kewajiban bagi penyewa, dimana terdapat tanggungjawab yang harus dipenuhi. Tetapi dalam praktiknya tanggungjawab tersebut belum terpenuhi sehingga dalam pengembalian alat terdapat barang yang rusak atau hilang. Selain itu terdapat penerapan ganti rugi sesuai hukum Islam terdapat ketentuan bahwa jika terdapat alat yang rusak atau hilang harus di ganti sesuai dengan harga nilai barang tersebut. Tetapi dalam praktiknya, kedua belah pihak tidak melakukan perjanjian mengenai ganti rugi yang harus dilakukan bagi yang lalai dan belum ada kesepakatan mengenai ganti rugi berupa barang atau uang.
Dari latar belakang tersebut, ada dua masalah pokok yang akan dibahas yaitu : Pertama, Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad persewaan alat Camping di Shelter Outdoor Ponorogo? Kedua, Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penerapan ganti rugi di Shelter Outdoor Ponorogo?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Peneliti melakukan penelitian secara langsung untuk mengetahui fakta-fakta dan fenomena yang terjadi dilapangan. Teknik penggalian data dilakukan dengan cara wawancara (interview) bersama narasumber dan observasi (pengamatan).
Berdasarkan akad yang dilakukan oleh persewaan peralatan camping di Shelter Outdoor Ponorogo dan pihak penyewa adalah sah dalam hal sewa menyewa tetapi dalam pelaksanaannya terdapat beberapa rukun dan syarat yang tidak sesuai dengan hukum Islam. Sedangkan penerapan ganti rugi dalam pelaksanaannya belum sah karena dari awal tidak ada kesepakatan yang menyaakan ganti rugi dalam bentuk barang atau uang sehingga terdapat pihak yang dirugikan atas rusak atau hilangnya alat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Saifullah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 23:38
Last Modified: 10 Dec 2020 23:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12207

Actions (login required)

View Item View Item