Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori Dan Kinestetik Siswa Dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa (Study Kasus Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 1 Purwantoro)

Lestari, Susi (2020) Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori Dan Kinestetik Siswa Dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa (Study Kasus Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 1 Purwantoro). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
null.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Susi, Lestari. 2020. “Analisis Gaya Belajar Visual, audiotori dan Kinetetik siswa dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 1
Purwantoro)”. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institit Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muhammad Widda
Djuhan, S.Ag, M.Si.
Kata kunci :Gaya Belajar, Visual, Audiotori, Kinestetik, Siswa.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh prestasi belajar pada mata pelajaran IPS di SMPN 1
Purwantoro dapat dikategorikan kurang, dibandingkan dengan mata pelajaran yang lainnya. Hal ini
dikarenakan pada proses belajar di dalam kelas kurang membuat siswa tertarik akan gaya mengajar
yang diterapkan oleh guru. Pembelajaran yang terlalu monoton dan terlalu banyak materi yang
susah dipahami. Siswa membutuhkan sesuatu yang baru untuk menumbuhkan minat belajar dan
meningkatkan prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran IPS.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bentuk gaya belajar Visual siswa dalan
pengembangan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Purwantoro. (2) Untuk
mengetahui bentuk gaya belajar audiotori siswa dalan pengembangan prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPS di SMPN 1 Purwantoro. (3) Untuk mengetahui bentuk gaya belajar kinestetik
siswa dalan pengembangan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Purwantoro.
(4) Untuk mengetahui hasil belajar visual, audiotori, dan kinestetik dalam mengembangkan
prestasi belajar siswa di SMPN 1 Purwantoro.
Rancangan dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di
SMPN 1 Purwantoro dengan subjek penelitian siswa kelas VIII E berjumlah 32 siswa.
Hasil penelitian dalam rumusan masalah pertama yaitu bentuk gaya belajar visual dalam
pengembangan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 purwantoro dengan materi
pelaku ekonomi antara lain: (1) belajar dengan menggunakan papan tulis dan LCD, (2) belajar
dengan meringkas materi yang telah disampaikan, (3) belajar dengan melihat video.
Hasil penelitian dalam rumusan masalah kedua yaitu bentuk gaya belajar audiotori siswa
dalam pengembangan mata pelajaran IPS di SMPN 1 Purwantoro yaitu: (1) belajar dengan diskusi
bersama, (2) belajar sambil mendengarkan musik.
Hasil penelitian dalam rumusan masalah ketiga yaitu bentuk gaya belajar siswa yang
mempunyai gaya belajar kinestetik adalah: (1) belajar dengan menggunakan bahasa tubuh (2)
membaca sambil berjalan. Guru mengembangkan gaya belajar kinestetik siswa dengan mengamati
lingkungan sekitar dan dikaitkan dengan materi pelajaran IPS. Gaya belajar kinestetik juga mampu
mengembangkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS.
Hasil penelitian dalam rumusan masalah ketiga yaitu hasil dari gaya belajar visual,
audiotori dan kinestetik masing-masing siswa mempunyai nilai yang baik pada gaya belajar yang
cenderung dimiliki oleh masing-masing siswa tersebut. Siswa yang cenderung mempunyai gaya
belajar visual mempunyai nilai yang baik pada saat guru menerapkan/menggunakan gaya belajar
visual (menggunkan LCD dan papan tulis) pada saat proses belajar mengajar. Begitupun, jika guru
menggunakan gaya belajar audiotori (metode diskusi) siswa yang cenderung mempunyai gaya
belajar audiotori mendapatkan nilai yang baik dibandingkan ketika guru menggunakan gaya
belajar lainnya. Sama halnya dengan siswa yang cenderung mempunyai gaya belajar kinestetik,
nilai yang siswa dapatkan ketika guru menggunakan gaya belajar kinestetik pada materi yang
sedang dipelajari dapat membantu mengembangkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata
pelajaran IPS. Jika ditarik kesimpulan masing-masing gaya belajar siswa baik gaya belajar visual,
audiotori dan kinestetik dapat membantu mengembangkan prestasi belajar siswa, jika guru mampu
menempatkan gaya belajar tersebut sesuai pada materi yang tengah dipelajari oleh siswa, agar
siswa mampu mengembangkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 23:36
Last Modified: 10 Dec 2020 23:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12198

Actions (login required)

View Item View Item