POLA ASUH ORANG TUA DARI REMAJA DENGAN PERILAKU AGRESIF, DI DUSUN GEGER, DESA GEGER, KECAMATAN GEGER, KABUPATEN MADIUN

Suprihatin, Lailatul Restu (2020) POLA ASUH ORANG TUA DARI REMAJA DENGAN PERILAKU AGRESIF, DI DUSUN GEGER, DESA GEGER, KECAMATAN GEGER, KABUPATEN MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LAILATUL RESTU SUPRIHATIN_211516011_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Suprihatin, Lailatul Restu. 2020. Pola Asuh Orang Tua dari Remaja Dengan Perilaku Agresif, di Dusun Geger, Desa Geger, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Mayrina Eka Prasetya Budi, M.Psi.

Kata Kunci: Pola asuh dan perilaku agresif
Keluarga menjadi salah satu faktor penting dalam membentuk perilaku dan kepribadian seorang remaja sejak kecil. Pentingnya ketepatan cara mendidik atau pola asuh terhadap anak, menjadi hal yang harus di perhatikan dengan seksama. Jika keluarga mampu memberikan contoh yang baik dan pengasuhan yang baik, maka besar kemungkinan seorang anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik serta memiliki kepribadian yang baik. Pada karya tulis ini, penulis melakukan penelitian di dusun Geger yang terdapat isu negatif dari perilaku remajanya.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana perilaku agresif remaja di dusun Geger. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua dari remaja yang berperilaku agresif di dusun Geger. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis dalam melakukan penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data dengan melakukan beberapa tahapan untuk mengolah data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan atau validitas data penulis menggunakan teknik triangulasi, diantaranya penulis menggunakan teknik triangulasi sumber data, metode, dan teori.
Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa ada perilaku remaja yang bersifat agresif. Jenis perilaku agresif tersebut di antaranya adalah perilaku agresif langsung-aktif-verbal, langsung-aktif-non verbal, dan langsung-pasif-non verbal. Selain itu juga diketahui adanya perilaku agresif yang berbeda dari pola asuh yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 23:43
Last Modified: 10 Dec 2020 23:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12195

Actions (login required)

View Item View Item