Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa-Menyewa Lahan Perhutani Di Telaga Sarangan Kecamatan Plaosan Magetan

Andriana, Yeni Yuni Agustin (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa-Menyewa Lahan Perhutani Di Telaga Sarangan Kecamatan Plaosan Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YENI UPLOAD PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yuni Agustin Andriana, Yeni 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa-Menyewa Lahan Perhutani Di Telaga Sarangan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing. Niswatul Hidayati, M.HI.

Kata kunci: sewa-menyewa, ija>rah, wanprestasi
Dalam kehidupan manusia interaksi muamalah ditemukan berbagai jenis kerjasama untuk memenuhi kebutuhannya. Seperti yang terjadi di Telaga Sarangan terdapat transaksi sewa-menyewa yang dilakukan oleh Pihak Perhutan dan penduduk sekitar Telaga dengan akad ija>rah dan dalam bertransaksi ada perjanjian sewa yang telah disepakati kedua belah pihak. Ija>rah adalah akad pemindahan hak atas barang atau jasa (manfaat) tanpa diikuti dengan perpindahan kepemilikan atas benda yang dimanfaatkan, melalui pembayaran sewa. Dalam sewa-menyewa antara perhutani dan pedagang di Telaga Sarangan dalam perjanjian sewa ada aturan dan larangan yang telah disepakati kedua pihak namun ada yang dilanggar. Selain itu terjadi wanprestasi akibat kelalaian para penyewa/pedagang terhadap kewajiban pembayaran sewa lahan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap akad perjanjian sewa menyewa lahan Perhutani di Telaga Sarangan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan? (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap penyelesaian wanprestasi sewa menyewa lahan Perhutani di Telaga Sarangan Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu dengan proses berfikir dari fakta empiris di lapangan kemudian di analisis dan berakhir dengan kesimpulan permasalahan yang di teliti.
Dari adanya penelitian tersebut penulis menyimpulkan bahwa 1) dalam akad sudah sah menurut hukum Islam namun pada praktiknya belum semuanya terpenuhi hal ini dikarenakan pengelola melanggar aturan yang telah disepakati di awal akad yaitu adanya aturan dilarang menggelar tikar di seputaran pinggir telaga namun pada praktiknya masih banyak yang melanggar 2) penyelesaian wanprestasi telah sesuai hukum Islam karena kedua belah pihak sudah saling sepakat untuk menyelesaikan kasus wanprestasi dengan jalan musyawarah untuk mencapai mufakat dan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan dan berusaha untuk saling tolong menolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Niswatul Hidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 08:46
Last Modified: 10 Dec 2020 08:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12193

Actions (login required)

View Item View Item