Peran Program Pesanteren Kilat Untuk Meningkatkan Pemahaman Ubudiyah Siswa SMK Yayasan Karya Pembagunan Magetan

Muchlisin, Awaludin (2020) Peran Program Pesanteren Kilat Untuk Meningkatkan Pemahaman Ubudiyah Siswa SMK Yayasan Karya Pembagunan Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316285_AWALUDIN_MUCHLISIN_revisi_FIKS_2[1].pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316285_AWALUDIN_MUCHLISIN_revisi_FIKS_2[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muchlisin, Awaludin. 2020. Peran Program Pesantren Kilat di Pondok Pesantren Al-Ikhlas untuk Meningkatkan Pemahaman Fikih Dasar Siswa SMK Yayasan Karya Pembangunan Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I
Kata kunci: Program pesantren kilat, Fikih dasar

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting bagi setiap orang. Pendidikan bertujuan meningkatkan potensi peserta didik agar ia siap dalam menghadapi tantangan di era globalisasi ini tanpa rasa tertekan serta mampu mengembangkan fitrahnya sebagai Khalifah di muka bumi serta mampu meningkatkan hubungan baik dengan masyarakat lingkungan sekitar atau hablumminannas serta selalu meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT atau hablumminallah.
Tercapainya tujuan pendidikan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya latar belakang keluarga dan lingkungan maupun situasi dan kondisi lemabaga pendidikan. Semua lembaga pendidikan pasti berupaya semaksimal mungkin agar tujuan pendidikan tersebut dapat tercapai. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengakulturasi antara pendidikan formal di sekolah dan pendidikan informal di pondok pesantren. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat lebih memahami ilmu-ilmu yang berhubungan dengan ibadah kepada Allah atau ilmu fikih yang dirasa perlu dipelajari lebih lanjut di luar lingkungan sekolah. Upaya tersebut dianggap unik dan menarik sehingga perlu dikaji lebih lanjut dalam sebuah penelitian tentang peran program pesantren kilat dalam sebuah lembaga pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran fikih serta mendeskripsikan peran program pesantren kilat di pondok pesantren al-Ikhlas dalam meningkatkan kualitas pemaham fikih dasar siswa. Penelitian ini bertempat di SMK Yayasan Karya Pembangunan Magetan dan juga Pondok Pesantren al-Ikhlas Babadan Ponorogo dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tahapan penelitian terdiri atas tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, pengumpulan data, analisis data, dan penulisan laporan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Adapun hasil penelitian adalah: 1) proses pembelajaran fikih dasar siswa di pondok pesantren al-Ikhlas Babadan Ponorogo menggunakan metode ceramah dengan diselingi tanya jawab antara guru dengan siswa, 2) program pesantren kilat di pondok pesantren al-Ikhlas dalam meningkatkan kualitas pemaham fikih dasar siswa memiliki peran dan dampak positif bagi siswa dengan berupaya memberikan pemahan ubudiyah guna meningkatkan ketakwaan dan pemahaman pengetahuan pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 08:18
Last Modified: 10 Dec 2020 08:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12189

Actions (login required)

View Item View Item