Pengaruh Citra Lembaga Dan Penetapan Ujrah Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan Ijarah Multijasa Di BMT Mandiri Berkah Sejahtera (MBS) Syariah Jiwan Kabupaten Madiun

Lukiyaturrohmah, Riska (2020) Pengaruh Citra Lembaga Dan Penetapan Ujrah Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan Ijarah Multijasa Di BMT Mandiri Berkah Sejahtera (MBS) Syariah Jiwan Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lukiyaturrohmah, Riska, 2020. Pengaruh Citra Lembaga dan Penetapan Ujrah Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan Ija>rah Multijasa di BMT Mandiri Berkah Sejahtera (MBS) Syariah Jiwan Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata kunci: Citra Lembaga, Penetapan Ujrah, Keputusan Nasabah.
Keputusan nasabah adalah tindakan seseorang memilih dari serangkaian alternatif pilihannya untuk melakukan aktivitas pembiayaan dan jasa-jasa yang terdapat pada bank untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah adalah citra lembaga dan penetapan ujrah. semakin baik citra lembaga dalam benak nasabah tentunya akan memperkuat keputusan nasabah untuk mengadopsi suatu produk atau jasa dan jika semakin kecil ujrah yang ditawarkan maka semakin besar tingkat pembiayaan ija>rah multijasa yang akan dilakukan nasabah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) adakah pengaruh citra lembaga Terhadap keputusan nasabah melakukan pembiayaan ija>rah multijasa di BMT Mandiri Berkah Sejahtera (MBS) Syariah Jiwan Kabupaten Madiun? (2) Adakah pengaruh penetapan ujrah terhadap keputusan nasabah melakukan pembiayaan ija>rah multijasa di BMT Mandiri Berkah Sejahtera (MBS) Syariah Jiwan Kabupaten Madiun? (3) Adakah pengaruh citra lembaga dan penetapan ujrah terhadap keputusan nasabah melakukan pembiayaan ija>rah multijasa di BMT Mandiri Berkah Sejahtera (MBS) Syariah Jiwan Kabupaten Madiun?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BMT MBS dengan jumlah 606. Adapun sampelnya berjumlah 86 dengan teknik sampling accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2 menggunakan analisis regresi linier sederhana yang dikuatkan dengan uji t, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah 3 menggunakan analisis regresi linier berganda yang dikuatkan dengan uji F.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) secara parsial, ada pengaruh citra lembaga terhadap keputusan nasabah karena thitung = 6,252 > ttabel = 1,988 atau besarnya pengaruh ada 31,8%. (2) Secara parsial, ada pengaruh penetapan ujrah terhadap keputusan nasabah karena thitung = 4,839 > ttabel = 1,988 atau besarnya pengaruh ada 21,8%. (3) Secara simultan ada pengaruh citra lembaga dan penetapan ujrah terhadap keputusan nasabah karena Fhitung 22,350 > Ftabel = 3,11 atau besarnya pengaruh 35%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 07:41
Last Modified: 10 Dec 2020 07:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12186

Actions (login required)

View Item View Item