(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 1 SURODIKRAMAN PONOROGO TAHUN AKADEMIK 2019/2020

NOVITA, NILA CANDRA (2020) (GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 1 SURODIKRAMAN PONOROGO TAHUN AKADEMIK 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NILA CANDRA NOVITA 210616067.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Novita, Nila Candra, 2020. Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 1 Surodikraman Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Kurnia Hidayati, M.Pd.

Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar
Penanaman kedisiplinan belajar sejak kecil akan membantu anak dalam mengontrol dirinya dalam pembentukan kesadaran diri dalam belajar tanpa adanya unsur keterpaksaan. Adapun perhatian orang tua memberikan peranan penting dalam mendorong, memberi semangat, membimbing, dan memberi teladan yang baik bagi anak terhadap keberhasilannya di masa yang akan datang. Agar hasil belajar anak baik maka perlu dukungan dari berbagai faktor dari sarana dan prasarana, kompetensi guru, kreativitas guru, sumber-sumber belajar, metode serta dukungan lingkungan, dan keluarga. Di lapangan ditemukan bahwa ada beberapa siswa yang mempunyai kedisiplinan belajar kurang seperti halnya tidak mengerjakan tugas dari guru dengan tepat waktu dan juga ada beberapa anak yang memiliki hasil belajar rendah. Faktor internal yang memengaruhi kemampuan belajarnya meliputi: kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi belajar, ketekunan, sikap, kebiasaan belajar, serta kondisi fisik dan kesehatan. Faktor eksternal yang memengaruhi hasil belajar yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Keadaan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa perhatian orang tua kurang terhadap anaknya, serta kebiasaan sehari-hari berperilaku yang kurang baik dari orang tua dalam kehidupan sehari-hari berpengaruh hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 1 Surodikraman Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Surodikraman Ponorogo, 2. Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Surodikraman Ponorogo, 3. Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Surodikraman Ponorogo.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Surodikraman Ponorogo yang berjumlah 27 siswa. Adapun teknik analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana dan Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS versi 18.0.
Berdasarkan perhitungan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa dengan F hitung > F tabel atau 26,566 > 4,24 dengan presentase pengaruh sebesar 51,5%. (2) terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa dengan F hitung > F tabel atau 21,978 > 4,24 dengan presentase pengaruh sebesar 46,8%. (3) terdapat pengaruh kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa dengan F hitung > F tabel atau 16,253 > 3,40 dengan presentase pengaruh sebesar 57,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: KURNIA HIDAYATI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 06:24
Last Modified: 10 Dec 2020 06:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12177

Actions (login required)

View Item View Item