KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID 19 DAN RELEVANSINYA DENGAN POLA ASUH ORANG TUA MENURUT ZAKIAH DARADJAT

Latifah, Umi (2020) KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID 19 DAN RELEVANSINYA DENGAN POLA ASUH ORANG TUA MENURUT ZAKIAH DARADJAT. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316035_UMI LATIFAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut. Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi global oleh WHO pada tanggal 11 Maret 2020. Pandemi Covid-19 berdampak pada bidang pendidikan, yaitu perubahan penyelenggaraan pendidikan. Dampak yang dimaksud terkait pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh. Model pembelajaran jarak jauh ini merupakan suatu bentuk pembelajaran baru di Indonesia. Perubahan model pembelajaran ini diatur dalam kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemdikbud berupa Surat Edaran dan Surat Keputusan Bermasa. Model pembelajaran jarak jauh menuntut keterlibatan orang tua untuk mendampingi anak-anaknya belajar di rumah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebijakan penyelenggaraan pendidikan di masa pandemi covid-19 dan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua menurut Zakiah Daradjat.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan penelitian kepustakaan (library research). Dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis).
Hasil dari penelitian ini adalah adanya pandemi Covid-19 di Indonesia mengahruskan pemerintah menerbitkan kebijakan berupa surat edaran dan surat keputusan bersama. Sehingga pemerintah merubah model pembelajaran mengunakan model pembelajaran dalam jaringan (daring). Untuk mempermudah guru dalam pembelajaran dapat menggunakan media google classroom, whatsapp atapun e-learning lainnya menyesuaikan kondisi peserta didik. Model evaluasi guru menggunakan narasi kualitatif untuk mengetaahui pola belajar anak dari rumah. Peran orang tua di masa pandemi Covid-19 dapat melakukan pendampingan pembelajaran, mengatur waktu belajar anak, penggunaan media internet, penggunaan gawai maupun penyelesaian tugas. Relevansi Kebijakan penyelenggaraan pendidikan dengan pola asuh orang tua menurut Zakiah Daradjat adalah dengan perubahan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh dari rumah dan pertemuan tatap muka pada tahun ajaran/tahun akademik 2020/2021, sehingga dibutuhkan keterlibatan orang tua dalam pelaksanaannya. Hal tersebut merupakan bentu kasih sayang dan perhatian, sabar, serta orang tua bersikap terbuka kepada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 06:20
Last Modified: 10 Dec 2020 06:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12174

Actions (login required)

View Item View Item