Tinjauan Hukum Islam Terhadap Istri Berpenghasilan Lebih Besar Daripada Suami di Desa Tambakrejo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan

Zakinuddin, Hamad Alkahfi (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Istri Berpenghasilan Lebih Besar Daripada Suami di Desa Tambakrejo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI HAMAD AL KAHFI ethesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Zakinuddin, Hamad Alkahfi. 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Istri Berpenghasilan Lebih Besar Daripada Suami di Desa Tambakrejo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan . Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Abid Rohmanu, M.H.I
Kata Kunci: Nafkah, Sakinah, Kepemimpinan Keluarga.
Perempuan bekerja di luar rumah dewasa ini menjadi aktifitas baru bagi masyarakat di Desa Tambakrejo. Ketika istri memilih untuk bekerja di luar rumah dan menjadi sumber pendapatan utama dalam keluarga maka secara otomatis akan sangat berdampak terhadap iklim keluarga tersebut. Ada berbagai dampak yang ditimbulkan ketika seorang istri menjadi pencari nafkah utama dalam keluarga. Dampak tersebut tentunya sangat berpengaruh kepada suami, anak maupun lingkungan sekitar. Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor baik eksternal maupun internal seperti pengaruh lingkungan sekitar, meningkatnya gaya hidup, maupun tuntutan ekonomi. Menurut salah satu warga yang penulis temui, fenomena yang terjadi di Desa Tambakrejo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan adalah istri yang berpenghasilan lebih besar daripada suami salah satu dampaknya mendorong istri pada pergeseran peran kemimpinan dan kepatuhan dalam rumah tangga.. Padahal hak-hak suami yang harus dilakukan oleh istri menurut Hukum Islam yaitu mematuhi suami, memelihara kehormatan dan harta suami, berhias untuk suami, menjadi patner suami.
Dari latar belakang tersebut penulis merumuskan 2 masalah yang meliputi 1. Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap dampak istri berpenghasilan lebih besar daripada suami dalam kehidupan keluarga di Desa Tambakrejo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan? 2. Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap kepatuhan istri berpenghasilan lebih besar daripada suami di Desa Tambakrejo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan?
Penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menganalisa dengan cara menguraikan dan mendeskripsikan hasil wawancara yang diperoleh. Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan metode penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan wawancara dan pengungkapan data.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1) Dampak baik ketika istri berpenghassilan lebih besar daripada suami adalah eknomi keluarga sangat terbantu tetapi menjadi masalah baru ketika dampak yang ditimbulkan sudah tidak sesuai Hukum Islam seperti kewajiban mendiddik anak terabaikan dari kedua orang tua, kepenggunaan uang yang tidak sesuai dengan kepemanfaatanya. 2) Hukum Islam yang sudah diterangkan bahwa kepatuhan istri pada suami itu wajib ketika suami tidak memerintah hal-hal yang keluar dari norma sosial dan syari’at Islam walaupun penghasilanya lebih tinggi, tetapi suami juga tidak berhak melarang istri bekerja diluar rumh jika keadaan ekonomi masih sangat membutuhkan jika hanya bergantung pada penghasilan suami.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 05:37
Last Modified: 10 Dec 2020 05:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12172

Actions (login required)

View Item View Item