Nilai- Nilai Pendidikan Islam dalam serial kartun SCTV "Lorong Waktu" serta Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat Sekolah Dasar

PUTRI, MAIDI KURNIA (2020) Nilai- Nilai Pendidikan Islam dalam serial kartun SCTV "Lorong Waktu" serta Relevansinya dengan Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD MAIDI KURNIA PUTRI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putri, Kurnia Maidi. 2020. Nilai – Nilai Pendidikan Islam
Dalam Serial Kartun Sctv “Lorong Waktu” Serta
Relevansinya Dengan Materi Pendidikan Agama Islam
Pada Tingkat Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Intitut
Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Wiwin
Widyawati, M. Hum.
Kata Kunci: Nilai – nilai pendidikan, Agama Islam, Sekolah
Dasar, Film Lorong Waktu
Serial animasi Lorong Waktu adalah serial yang sangat
berkontribusi pada anak karena didalam serial Lorong Waktu
terdapat nilai – nilai islam yang sangat kita butuhkan. Nilai
sebuah film yang dimaksudkan bermakna pesan-pesan yang
disampaikan oleh film tersebut. Alasan penulis memilih serial
“Kartun Lorong” waktu karena ada pembelajaran –
penbelajaran yang positif terhadap anak – anak. Pembelajaran
– pembelajaran tersebut antara lain seperti tolong menolong,
arti terimakasih, berbaik sangka, adab makan dan sebagainya.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahuan nilai
– nilai pendidikan islam dalam serial kartun “Lorong Waktu”.
(2) Untuk mendeskripsikan relevansinya nilai – nilai
pendidikan islam dalam serial kartun “Lorong Waktu” pada
materi pendidikan agama islam pada tingkat sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif,
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kajian pustaka (library research). Sumber
data yang dibutuhkan adalah tayangan film kartun Lorong
Waktu sebagai sumber data primer dan data – data yang
berhubungan dengan fil Lorong Waktu sebagai sumber data
sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan dalam
menganalisis data yang digunakan adalah analisis isi (content
analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai – nilai yang
terdapat dalam film Lorong Waktu yaitu, amanah, menghargai,
hormat kepada otru, hormat kepada guru, jujur, adab makan,
kasih sayang. Terdapat relevansi nilai – nilai pendidikan islam
yang terdapat dalam film kartun Lorong Waktu pada materi
pendidikan agama islama di Sekolah Dasar, yaitu : (1) Pada
episode 03 dengan judul rantang amanah. Menjelaskan tentang
amanah. Berelevansi pada materi kelas 4. (2) Pada episode 04
dengan judul jaga lisan. Menjelaskan tentang menghargai
teman. Berelevansi pada materi kelas 2. (3) Pada episode 06
dengan judul sayang ibu. Menjelaskan tentang tidak boleh
membentak orang tua. Berelevansipada materi kelas 1.(4)Pada
episode 10 dengan judul terimakasih guru. Menjelaskan
tentang harus menghormati guru ketika sedang menjelaskan
pelajaran. Berelevansi pada materi kelas 4. (5) Pada episode 13
dengan judul koruptor. Mejelaskan tentang berbuat jujur
kepada teman. Berelevansi pada materi kelas 5.(6) Pada
episode 08 dengan judul Adab Makan. Menjelaskan tentang
tata cara makan yang benar. Berelevansi pada materi kelas 2.
(7) Pada episode 07 dengan judul Allah maha pengasih.
Menjelaskan tentang kasih sayang Allah terhadap hambanya.
Berelevansi pada materi kelas 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WIWIN WIDYAWATI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 06:13
Last Modified: 10 Dec 2020 06:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12170

Actions (login required)

View Item View Item