Pemetaan Laporan Penelitian Akhir Mahasiswa Jurusan PGMI IAIN Ponorogo Tahun 2015-2019 (Studi Tentang Tema dan Jenis Penelitian)

Wahyudhasari, Meista elva (2020) Pemetaan Laporan Penelitian Akhir Mahasiswa Jurusan PGMI IAIN Ponorogo Tahun 2015-2019 (Studi Tentang Tema dan Jenis Penelitian). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi 210616125 Meista Elva Wahyudhasari-dikonversi.pdf

Download (991kB) | Preview

Abstract

Wahyudhasari, Meista Elva. 2020. Pemetaan Laporan Penelitian Akhir Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo Tahun 2015-2019 (Studi Tentang Tema dan Jenis Penelitian). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahFakultas Tarbiyah Dan Ilmu KeguruanInstitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ulum Fatmahanik, M.Pd Kata Kunci: Kecenderungan Jenis dan Tema Penelitian

Jurusan PGMI IAIN Ponorogo setiap tahun menghasilkan ratusan karya skripsi sesuai jumlah alumni yang lulus pada tahun tersebut yang dimuat dalam ethesis.iainponorogo.ac.id Beragam judul skripsi yang diangkat oleh mahasiswa dengan bidang kajian yang berlandas pada masalah pendidikan. Hanya saja informasi dan deskripsi mengenai masalah-masalah penelitian tersebut belum tertata secara baik sehingga tidak ada gambaran dan informasi secara jelas mengenai hal tesebut. Informasi dan data mengenai persoalan-persoalan yang telah dikaji dalam penelitian mahasiswa menjadi penting, terutama sebagai bahan acuan dalam memilih tema-tema penelitian pendidikan yang tergolong belum banyak mendapat perhatian peneliti pendidikan, dan sekaligus memungkinkan terhindarnya peneliti dari praktik-praktik plagiasi ataupun terulangnya penelitian yang sama karena faktor ketidaktahuan. Maka dari itu peneliti mengambil judul penelitian Pemetaan Laporan Penelitian Akhir Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo Tahun 2015-2019 (Studi Tentang Tema dan Jenis Penelitian).
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana sebaran penelitian skripsi mahasiswa jurusan PGMI IAIN Ponorogo tahun 2015-2019. (2) Untuk mengetahui isu penelitian pendidikan yang memungkinkan untuk dijadikan tema penelitian oleh mahasiswa jurusan PGMI IAIN Ponorogo pada tahun-tahun berikutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
jenis penelitian studi kasus. Data penelitian nantinya akan berbentuk kuantitaif maupun kualitatif karena akan dipaparkan dengan tabel dan kata-kata.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Metode atau jenis penelitian mahasiswa jurusan PGMI IAIN Ponorogo tahun 2015-2019 menunjukan bahwa PTK (20%), Survey/deskriptif (28%) dan Studi Kasus (25%) mengambil 73% dari total populasi. Tema atau isu penelitian akhir mahasiswa mahasiswa jurusan PGMI IAIN Ponorogo selama kurun 5 tahun terakhir didominasi dari aspek profesionalisme guru (10%), proses pembelajaran (11%), media, metode dan model pembelajaran (13%) sebanyak 30%. (2) Untuk jenis penelitian, mahasiswa diharapkan lebih proporsional dengan mengambil metode penelitian pengembangan, eksperimen, dan studi kepustakaan. Isu atau tema penelitian yang mungkin diteliti oleh mahasiswa jurusan PGMI IAIN Ponorogo untuk tahun-tahun berikutnya adalah partisipasi orang tua, tentang laboratorium dan perpustakaan pemahaman konsep, dan pikiran tokoh, minat siswa, evaluasi/assessment, perangkat pembelajaran, dan keterampilan proses, sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 03:42
Last Modified: 10 Dec 2020 03:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12166

Actions (login required)

View Item View Item