Analisis Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Terhadap Pembiayaan Ijarah Multijasa Di BMT MBS Syariah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun

Fatimatuzzahro, Shintya Putri (2020) Analisis Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Terhadap Pembiayaan Ijarah Multijasa Di BMT MBS Syariah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
upload.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putri Fatimatuzzahro, Shintya. 2020. Analisis Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Terhadap Pembiayaan Ijarah Multijasa Di BMT MBS Syariah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Atik Abidah, M.S.I.
Kata kunci: Fatwa DSN-MUI No. 44/DSN-MUI/VIII/2004, fatwa DSN MUI No. 09/DSN-MUI/2000, Pembiayaan Ijarah Multijasa
Fatwa yang mengatur tentang pembiayaan ijarah multijasa adalah Fatwa DSN-MUI No. 44/DSN-MUI/VIII/2004 tentang Multijasa dan fatwa DSN MUI No. 09/DSNMUI/ 2000 Tentang Pembiayaan Ijarah. Dalam praktiknya di BMT MBS Syariah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun ketentuan objek akad yang digunakan bukan manfaat barang dan sewa manfaat jasa dan upah, dan tidak menyediakan barang yang disewakan dan jasa yang dibutuhkan, sedangkan penentuan bagi hasilnya menggunakan sistem persentase dan bukan nominal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Analisis Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI Terhadap Ketentuan Objek akad Pada Pembiayaan Ijarah Multijasa Di BMT MBS Syariah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun? (2) Bagaimana Analisis Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI Terhadap Penyediaan Barang Yang Disewakan Atau Jasa Yang Diberikan Pada Pembiayaan Ijarah Multijasa Di BMT MBS Syariah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun? (3) Bagaimana Analisis Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI Terhadap Pembayaran Sewa Pada Pembiayaan Ijarah Multijasa Di BMT MBS Syariah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun?
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif,
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketentuan objek akad pada pembiayaan ijarah multijasa di BMT MBS Syariah belum sesuai dengan fatwa DSN No. 09/DSN-MUI/2000 Tentang Pembiayaan Ijarah, tetapi sesuai dengan peraturan yang ada di BMT MBS Syariah berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah No. 16/Per/M.KUKM/IX/2015 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah. Ketentuan penyediaan barang yang disewakan dan jasa yang diberikan pada pembiayaan ijarah multijasa di BMT MBS Syariah belum sesuai dengan fatwa DSN No. 09/DSN-MUI/2000 Tentang Pembiayaan Ijarah tetapi sesuai dengan peraturan yang ada di BMT MBS Syariah berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah No. 16/Per/M.KUKM/IX/2015 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah. Sedangkan ketentuan bagi hasil di BMT MBS Syariah belum sesuai dengan fatwa DSN No. 44/DSN-MUI/VIII/2004 tentang Multijasa, tetapi sesuai dengan peraturan yang ada di BMT MBS Syariah berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah No. 16/Per/M.KUKM/IX/2015 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2020 02:19
Last Modified: 10 Dec 2020 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12164

Actions (login required)

View Item View Item