(UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG) Pengaruh Segregasi Gender Dalam Kegiatan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 MI Kenongomulyo Nguntoronadi Magetan Tahun Akademik 2019/2020

Fitriana, Siti Masruroh Rizky (2020) (UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG) Pengaruh Segregasi Gender Dalam Kegiatan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 MI Kenongomulyo Nguntoronadi Magetan Tahun Akademik 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI SITI MASRUROH RIZKY FITRIANA.doc

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Fitriana, Siti Masruroh Rizky. 2020. “Pengaruh Segregasi Gender Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 MI Kenongomulyo Nguntoronadi Magetan”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Evi Muafiah, M.Ag.
Kata kunci ; Segregasi gender, Motivasi belajar.
Segregasi gender merupakan pemisahan antara laki-laki dan perempuan. Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang membuat seseorang berkeinginan untuk mengetahui sesuatu. Pentingnya motivasi untuk menumbuhkan minat belajar serta prestasi belajar siswa tidak lepas pula dari peran guru yang memberikan dorongan-dorongan untuk menumbuhkan motivasi tersebut dalam diri seorang peserta didik. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari beberapa masalah yang timbul dari percampuran kelas laki-laki dan perempuan. Banyak faktor yang menyebabkan motivasi siswa rendah, seperti pembelajaran terpusat ke guru, model pembelajaran masih menggunakan pembelajaran langsung, penggunaan metode yang belum sesuai, pengelolaan kelas yang monoton, kurangnya kesadaran siswa, kurang peduli/perhatian terhadap masalah-masalah isu sosial, dan faktor yang rata-rata dialaami oleh siswa yaitu malu dengan teman lawan jenisnya kurangnya kesatuan, dan tidak mampu menyesuaikan dengan lingkungan yang berubah dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Beberapa faktor tersebut menyebabkan motivasi belajar mereka rendah, seperti dalam buku Hamzah B. Uno Teori Motivasi & Pengukurannya disebutkan bahwa jenis motivasi belajar di bagi menjadi 2 yaitu motif intrinsik dan motif ekstrinsik. Jadi beberapa faktor yang disebutkan diatas termasuk dalam motif ekstrinsik, yaitu timbul karena adanya rangsangan dari luar individu. Penerapan segregasi gender ini bertujuan agar siswa lebih fokus dalam pembelajaran dan menjaga pergaulan antara siswa laki-laki dan perempuan.

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana segregasi gender dalam kegiatan pembelajaran siswa kelas 5 MI Kenongomulyo (2) untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas 5 MI Kenongomulyo (3) untuk mengetahui adakah pengaruh segregasi gender dalam kegiatan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 MI Kenongomulyo Nguntoronadi, Magetan tahun akademik 2019/2020.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Dalam menganalisis data menggunakan statistika analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 yang berjumlah 72 orang. Sedangkan sampel yang digunakan dipilih secara acak sebanyak 49 siswa. Skala pengukuran instrumen penelitian menggunakan skala likert. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan analisis data ada 2 yaitu pra penelitian dan analisis penelitian.

Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan pengaruh segregasi gender di MI Kenongomulyo Nguntoronadi Magetan dalam kategori sedang dengan prosentase (74%) begitu juga dengan motivasi belajar siswa berkategori sedang dengan prosentase ( 75%). Sedangkan pengaruh segregasi gender terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 MI Kenongomulyo sebesar (22,9%) sisanya dipengaruhi oleh faktor lain tidak termasuk dalam perhitungan atau tidak sedang diteliti

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 15:56
Last Modified: 09 Dec 2020 15:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12160

Actions (login required)

View Item View Item