(TIDAK ADA FILE/KOSONG) PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI KELAS V SD MA'ARIF PONOROGO

Tyas, Fatih Tegar Kurnianing (2020) (TIDAK ADA FILE/KOSONG) PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR'AN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI KELAS V SD MA'ARIF PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fatih, Tegar K. Tyas, 2020. Pembiasaan Budaya Tadarus Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di Kelas V SD Ma’arif Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Wiwin Widyawati, M.Hum.
Kata Kunci : Pembiasaan Budaya Tadarus Al-Qur‟an, Kecerdasan Spiritual.

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pembiasaan tadarus Al-Qur‟an yang merupakan kegiatan membaca secara bersama-sama yang kemudian diadakan sedikit mengkaji tentang makna isi kandungan Al-Qur‟an yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji, dan mengambil pelajaran yang maknanya bertambah saling mengajar, atau mempelajari secara lebih mendalam.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan tadarus Al- Qur‟an di kelas 5 SD Ma‟arif Ponorogo? 2) Bagaimana implikasi pelaksanaan pembiasaan tadarus Al-Qur‟an terhadap peningkatan kecerdasan spiritual siswa di kelas 5 SD Ma‟arif Ponorogo? 3) Apakah faktor pendukung dan penghambat pembiasaan tadarus Al- Qur‟an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di kelas 5 SD Ma‟arif Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembiasaan tadarus Al- Qur‟an di SD Ma‟arif Ponorogo di awali dengan sholat dhuha pada pagi hari. (2) Implikasi pelaksanaan pembiasaan tadarus Al-Qur‟an terhadap peningkatan kecerdasan spiritual siswa dilaksanakan setiap hari di SD Ma‟arif Ponorogo, dengan adanya budaya tadarus Al-Qur‟an, siswa tentunya ada peningkatan dalam membaca Al-Qur‟an. (3) Pembiasaan tadarus Al-Qur‟an dalam peningkatan kecerdasan spiritual terjadi beberapa faktor, di antaranya ada faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung seperti siswa sudah ada yang lancar membaca karena bekal dari rumah, ada dukungan dari orang tua. Adapun faktor penghambat budaya tadarus Al-Qur‟an yaitu, batasan ayat terakhir dalam membaca tidak ditulis, kemampuan siswa yang berbeda-beda. Tetapi di SD Ma‟arif budaya tadarus Al-Qur‟an siswanya sangatpartisipatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WIWIN WIDYAWATI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 15:54
Last Modified: 09 Dec 2020 15:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12159

Actions (login required)

View Item View Item