Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Lembaga Pendidikan MI Muhammadiyah Dolopo

Ahmadi, Haris Rahmat (2018) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Lembaga Pendidikan MI Muhammadiyah Dolopo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
tesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Haris,2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Lembaga pendidikan MI Muhammadiyah Dolopo. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr.Iswahyudi,M.Ag.

Kata Kunci: Kepemimpinan Partisipatif, Meningkatkan Citra
Kepemimpinan partisipatif adalah kepemimpinan yang lebih memperhatikan dan sangat erat hubungannya dengan keikutsertaan dari bawahan atau pegawainya. Karena kepemimpinan ini, merupakan usaha bagi setiap pemimpin (kepala sekolah) dalam mewujudkan kerja sama yang baik antar anggota kelompok dalam mewujudkan tujuan sekolah secara bersama-sama. Sehingga akan memunculkan bentuk kepuasan dari setiap anggota yang ikut terlibat didalam partisipasinya seperti keikutsertaan dalam menyalurkan tenaga, pemikiran melalui gagasan, ide, pendapat dan pemberian saran yang berfungsi sebagai mengembangkan dan mewujudkan tujuan dari sekolah secara efektif dan efisien. Meningkatnya citra lembaga MI Muhammadiyah Dolopo merupakan wujud keberhasilan kepemimpinan partisipatif yang dilakukann kepala sekolah dalam mengelola lembaga.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengenalisis dan menjelaskan kepemimpinan partisipatif di lembaga pendidikan MI Muhammadiyah Dolopo dalam: 1) Bagaimanakah kepemimpinan partisipatif kepala sekolah di lembaga pendidikan MI Muhammadiyah Dolopo; 2) Bagaimanakah kontribusi kepemimpinan partisipatif dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan MI Muhammadiyah Dolopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian di MI Muhammadiyah Dolopo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumen. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data display data, dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan proses pengumpulan dan alalisis data, peneliti dapat menyimpulkan beberapa hal. Pertama, dalam kepemimpinan partisipatif di MI Muhammadiyah Dolopo, yaitu dilaksanakan proses-proses konsultasi, pengembilan keputusan, pembagian kekuasaan, pemberdayaan dengan baik. Kedua, kontribusi-kontribusi yang diperoleh dari kepemimpinan partisipatif dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan MI Muhammadiyah Dolopo ada beberapa temuan, antara lain: kontribusi bagi bawahan, kontribusi bagi siswa, kontribusi bagi lembaga.

ABSTRACT
Haris, 2018. School Principal Leadership in Improving MI Muhammadiyah Educational Institution Dolopo. Thesis, Islamic Education Management Study Program, Postgraduate, Ponorogo State Islamic Institute (IAIN). Supervisor: Dr.Iswahyudi, M.Ag.
Keywords: Participatory Leadership, Enhancing Image
Participatory leadership is leadership that is more attentive and is very closely related to the participation of subordinates or employees. Because of this leadership, it is an effort for every leader (school principal) to realize good cooperation between group members in realizing the school's goals together. So that it will bring up the form of satisfaction of each member involved in his participation such as participation in channeling energy, thinking through ideas, ideas, opinions and giving advice that serves as developing and realizing the goals of the school effectively and efficiently. The improved image of the MI Muhammadiyah Dolopo institution is a form of the success of participatory leadership by the school principal in managing the institution.
This study aims to describe, identify and explain participatory leadership in MI Muhammadiyah Dolopo educational institutions in: 1) How is the participatory leadership of school principals in MI Muhammadiyah Dolopo educational institutions; 2) How is the contribution of participatory leadership in improving the image of MI Muhammadiyah Dolopo educational institutions. This study used a qualitative approach with case study design. Research location in MI Muhammadiyah Dolopo. Data collection techniques using participant observation, in-depth interviews, and documents. Data analysis using Miles and Huberman models includes data display data reduction, and conclusions. Whereas checking the validity of the data uses source triangulation.
Based on the process of collecting and analyzing data, the researcher can conclude several things. First, in participatory leadership in MI Muhammadiyah Dolopo, which is carried out processes of consultation, decision-making, division of power, empowerment properly. Second, the contributions obtained from participatory leadership in improving the image of MI Muhammadiyah Dolopo educational institutions have several findings, including: contributions to subordinates, contributions to students, contributions to institutions.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 15:53
Last Modified: 09 Dec 2020 15:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12156

Actions (login required)

View Item View Item