PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI RA AL-HIKMAH PRAMBON DAGANGAN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Pradini, Senja Dwi (2020) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI RA AL-HIKMAH PRAMBON DAGANGAN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211116027 SENJA DWI PRADINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pradini Senja Dwi. 2020. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Anak Usia Dini Kelas A Dan B di RA Al- Hikmah Prambon Dagangan Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), pembimbing Edi Irawan M.Pd.

Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kedisiplinan Belajar, dan Anak Usia Dini.
Pola asuh merupakan cara orang tua untuk mendidik anaknya sebagai perwujudan tanggung jawab mereka sebagai orang tua. kedisiplinan belajar adalah sikap (perilaku) yang harus dimiliki siswa. Dengan disiplin yang muncul karena kesadaran diri. Perkembangan disiplin pada setiap individu dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu pola asuh dan kontrol yang dilakukan orang tua terhadap perilaku individu.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana bentuk pola asuh orang tua di RA Al-Hikmah Prambon Dagangan Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kedisiplinan belajar anak usia dini (AUD) di RA Al-Hikmah Prambon Dagangan Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar anak usia dini (AUD) di RA Al-Hikmah Prambon Dagangan Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah kausal komparatif atau hubungan sebab akibat. Populasi pada penelitian ini adalah siswa RA Al-Hikmah Prambon yang berjumlah 27 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 27. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi instrumen. Teknik analisis datanya menggunakan analisis variansi satujalan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pola asuh orang tua di Raudhotul Athfal Al-Hikmah Prambon bervariatif, sebanyak (29,6%) siswa memiliki orang tua berpola asuh otoriter, (37,1%) siswa memiliki orang tua berpola asuh demokratis, dan (33,3%) siswa memiliki orang tua berpola asuh permisif. 2) Kedisiplinan belajar di Raudhotul Athfal Al-Hikmah Prambon bervariatif, sebanyak (44,4%) siswa dengan kedisiplinan belajar tinggi, (22,2%) siswa dengan kedisiplinan belajar sedang, dan (33,3%) siswa dengan kedisiplinan belajar yang rendah. 3) a. kedisiplinan belajar anak usia dini yang memiliki pola asuh orang tua otoriter sama baiknya dengan anak yang memiliki pola asuh orang tua demokratis. b. kedisiplinan belajar anak usia dini yang memiliki pola asuh orang tua otoriter sama baiknya dengan anak yang memiliki pola asuh orang tua permisif. c. kedisiplinan belajar anak usia dini yang memiliki pola asuh orang tua demokratis lebih baik daripada anak dengan pola asuh orang tua permisif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Edi Irawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 15:44
Last Modified: 09 Dec 2020 15:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12151

Actions (login required)

View Item View Item