Konep Kurikulum Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Nasional

Az Zuhdi, Ahmad Khoirun Na'im (2020) Konep Kurikulum Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Nasional. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Upload Perpus Skripsi Ahmad Khoirun Na'im Az Zuhdi 210316382.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Az Zuhdi, Ahmad Khoirun Na’im. 2020. Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Nasional. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata kunci: Kurikulum Pendidikan Islam, Azyumardi Azra, Tujuan Pendidikan Nasional
Kurikulum merupakan pemandu atau navigator dalam proses pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan serta di cita-citakan. Pendidikan Islam sejatinya merupakan bagian integral dalam pendidikan di Indonesia, sehingga mau tidak mau pendidikan Islam harus mampu dan turut serta dalam proses mencapai tujuan pendidikan nasional tersebut, yakni turut serta membantu dalam menyiapkan sumber daya manusia yakni dengan mengembangkan potensi diri peserta didik agar senantiasa sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab, serta mampu menjawab tantangan perubahan zaman.
Berkaitan dengan hal tersebut peneliti melakukan penelitian tentang kurikulum pendidikan Islam dalam menjawab relevansinya terhadap tujuan nasional dengan judul: Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Nasional. Dengan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana konsep kurikulum pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra? 2) Bagaimana relevansi konsep kurikulum pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra dengan tujuan pendidikan nasional?
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penilitian berupa penelitian Library Research. Sumber data dalam penelitian library research dapat diperoleh dari bahan-bahan pustaka, dapat berupa jurnal penelitian, disertasi, tesis, skripsi, laporan penelitian, buku teks, makalah, laporan seminar, diskusi ilmiah, atau terbitan-terbitan resmi pemerintah ataupun lembaga lain. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini ialah menggunakan metode dokumentasi, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode Content analysis.
Adapun penelitian ini menemukan hasil sebagai berikut: 1) Konsep kurikulum pendidikan Islam yang ditawarkan oleh Azyumardi Azra adalah konsep kurikulum yang mampu mengintegrasikan antara ilmu agama dengan ilmu umum tanpa memberatkan salah satu diantaranya dengan kata lain berimbang, dengan tujuan guna menciptakan manusia yang berbudi luhur dan cakap baik dalam ilmu agama maupun umum, serta menggunakan metode pendidikan yang mendorong untuk terjadinya pengembangan pemikiran secara kritis dan demokratis dengan metode active learning. 2) Konsep kurikulum pendidikan Islam yang digagas Azyumardi Azra ini memiliki kesesuaian dengan tujuan pendidikan nasional yakni dari sisi outputnya, yakni: mengembangkan potensi diri peserta didik agar senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 15:38
Last Modified: 09 Dec 2020 15:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12145

Actions (login required)

View Item View Item