(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Manakib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani untuk Meningkatkan Spiritualitas Santri Di Pondok Pesantren Al-Barokah

'Ulumiyah, Rosidatul (2020) (LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Manakib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani untuk Meningkatkan Spiritualitas Santri Di Pondok Pesantren Al-Barokah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROSIDATUL 'ULUMIYAH 210316327 .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ulumiyah, Rosidatul. 2020. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Manakib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Untuk Meningkatkan Spiritualitas Santri Di Pondok Pesantren Al-Barokah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. M.Syafiq.Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci:Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Manakib, Spiritualitas.
Nilai-nilai pendidikan akhlak adalah bertujuan untuk membina kualitas manusia prima dengan ciri-ciri sebagai berikut: beriman dan bertakwa kepada Allah sebagai satu-satunya tuhan, berakal sehat dan mempunyai kemampuan akademik, yaitu mampu mengembangkan kecerdasannya.Secara istilah diartikan sebagai riwayat hidup orang-orang sholeh seperti kisah-kisah waliyulloh. Spiritualitas adalah menurut kamus psikologi spiritual atau spirit berarti suatu zat dan biasanya bersifat ketuhanan, spiritualitas dapat pula dikatakan sifat kerohanian.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam manakib Syech Abdul Qodir al-Jailani, (2) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam manakib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani untuk meningkatkan spritualitas santri di Pondok Pesantren Al-Barokah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawncara, observasi, dan traiangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam manakib dapat berupa akhlak kepada tuhan diantaranya adalah tawakal-rendah hati, senantiasa takut kepada Allah dan istiqomah dalam menjaga ibadah. Akhlak kepada sesama manusia dapat dilihat dari sikap dermawan, jiwa sosial yang tinggi dan senantiasa berbuat baik kepada sesama manusia, serta tolong menolong. Akhlak terhadap diri sendiri dapat diwujudkan dengan sikap jujur, qonaah, serta tidak iri dan dengki. (2) Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kehidupan santri sudah cukup baik, diantaranya dengan diadakannya kegiatan-kegiatan keagamaan seperti sholat berjamaah, rutinan membaca yasin, sholawat setiap malam jumat, rewang dapur, dan lain sebagainya. Akan tetapi pada penerapannya santri kurang mempunyai kesadaran akan pentingnya manakib sehingga dalam hal ini spiritualitas santri kurang meningkat. Hal ini disebabkan karena manakib berbahasa arab, waktu manakib yang sangat lama dan tergolong dimulainaya sudah malam, selain itu kebanyakan dari santri Al-Barokah adalah mahasiswa yang kegiatan paginya mereka sudah padat di kampus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 15:36
Last Modified: 09 Dec 2020 15:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12144

Actions (login required)

View Item View Item