(UBAH FILE DLM FORMAT PDF, IKUTI PANDUAN UPLOAD SKRIPSI DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di MI Sailul Ulum Pagotan Madiun

Husna, Nihayatul (2020) (UBAH FILE DLM FORMAT PDF, IKUTI PANDUAN UPLOAD SKRIPSI DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di MI Sailul Ulum Pagotan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi niha fixx.docx

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK

Husna, Nihayatul. 2020. Peran dalam Pengelolaan Kelas di MI Sailul Ulum Pagotan Guru Madiun . Skripsi. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M.Pd

Kata Kunci: Peran Guru, Pengelolaan Kelas

Pengelolaan kelas adalah upaya yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal agar peserta didik merasa nyaman dan betah belajar di dalam kelas. Pengelolaan kelas di MI Sailul Ulum Pagotan Madiun berdasarkan rumusan masalah yaitu perancangan, organisator, motivator, dan supervisor.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui peran guru sebagai perancang pembelajaran dalam pengelolaan kelas di MI Sailul Ulum Pagotan Madiun, (2) Mengetahui peran guru sebagai organisator/pengelola pembelajaran dalam pengelolaan kelas di MI Salul Ulum Pagotan Madiun, (3) Mengetahui peran guru sebagai motivator pembelajaran dalam pengelolaan kelas di MI Sailul Ulum Pagotan Madiun, (4) Mengetahui peran guru dalam supervisor pembelajaran dalam pengelolaan kelas di MI Sailul Ulum Pagotan Madiun.

Penelitian ini dilakukan di MI Sailul Ulum Pagotan Madiun dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data yang digunakan menurut Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru melakukan perancangan tidak hanya mempersiapkan RPP tetapi juga merencanakan pengaturan ruang kelas, pengaturan tempat duduk, penataan tempat belajar, dan penataan kebersihan dan keindahan kelas. (2) Guru melakukan pengelolaan dengan membuat jadwal piket, dan membentuk kelompok dengan memperhatikan kepribadian yang dimiliki siswa agar tidak salah dalam mengelompokkan. (3) Sebelum pembelajaran dimulai guru membiasakan peserta didik untuk membersihkan kelas sampai bersih dan rapi, setelah itu ketua kelas memimpin berdo’a (4) Guru melakukan supervisi dengan memberikan tugas kepada peserta didik tujuannya untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 15:34
Last Modified: 09 Dec 2020 15:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12142

Actions (login required)

View Item View Item