KETERBACAAN BUKU SISWA KELAS V TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA DENGAN PROSEDUR KLOSE DI MI MA’HADUL MUTA’ALLIMIN WIDODAREN NGAWI

Pratiwi, Reno Puput (2020) KETERBACAAN BUKU SISWA KELAS V TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA DENGAN PROSEDUR KLOSE DI MI MA’HADUL MUTA’ALLIMIN WIDODAREN NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RENO PUPUT PRATIWI_210616147.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pratiwi, Reno Puput. 2020. Keterbacaan Buku Siswa Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya dengan Prosedur Klose di Mi Ma’hadul Muta’allimin Widodaren Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia, M. Pd.

Kata Kunci: Keterbacaan, Buku Teks, Prosedur Klose.
Keterbacaan adalah perihal dapat dibacanya suatu naskah dengan cepat, mudah dipahami, dan mudah diingat. Keterbacaan selalu berkaitan dengan kegiatan membaca dan buku teks merupakan sebuah buku acuan wajib untuk digunakan di madrasah yang memuat materi pembelajaran. Sesuai tidaknya sebuah buku terhadap pembaca dapat diukur salah satunya menggunakan prosedur klose. Prosedur klose sendiri merupakan metode untuk mengukur tingkat kemampuan membaca pemahaman yang terdiri dari lebih kurang 250 kata.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguraikan tingkat keterbacaan buku siswa kelas v tema 6: Panas dan Perpindahannya dengan prosedur klose di MI Ma’hadul Muta’allimin Widodaren Ngawi. (2) mendeskripsikan pemahaman siswa kelas v terhadap buku siswa tema 6: Panas dan Perpindahannya dengan siswa di MI Ma’hadul Muta’allimin Widodaren Ngawi.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas V MI Ma’hadul Muta’allimin Widodaren, Ngawi. Penelitian ini, menggunakan metode dalam proses pengumpulan data ialah tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keterbacaan buku kelas V tema 6: Panas dan Perpindahannya berada pada kategori sedang. Artinya, buku tersebut dapat dipahami dengan baik oleh siswa kelas v di MI Ma’hadul Muta’allimin Widodaren, Ngawi. Simpulan tersebut didasarkan atas hasil penelitian keterbacaan buku teks kelas v tema 6: Panas dan Perpindahannya memiliki rata-rata sebesar 68, 78%. (2) Meski memiliki rata-rata yang cukup besar ada beberapa teks yang berada di tingkat frustasi, siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi teks. Hal tersebut menunjukkan bahwa buku tersebut sesuai digunakan untuk kelas V, jadi guru harus membimbing siswa untuk memahami isi teks di dalam buku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuenti Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 15:23
Last Modified: 09 Dec 2020 15:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12134

Actions (login required)

View Item View Item