Pengaruh Penggunaan Model Complete Sentence Berbantuan Media Gambar Seri dan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III MIN 02 Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021.

Lusiana, Anggi Fitka (2020) Pengaruh Penggunaan Model Complete Sentence Berbantuan Media Gambar Seri dan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III MIN 02 Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616132_ANGGI FITKA LUSIANA_ETHESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lusiana, Anggi Fitka, 2020. Pengaruh Penggunaan Model Complete Sentence Berbantuan Media Gambar Seri dan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III MIN 02 Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Yuentie Sova Puspidalia, M. Pd.

Kata kunci: Model Complete Sentence, Media Gambar Seri, Strategi CTL, Keterampilan Menulis Narasi

Belajar merupakan sesuatu yang sangat penting. Belajar bisa menjadikan kita menjadi individu yang lebih baik dan bisa menguasai suatu hal. Menulis merupakan keterampilan yang terpenting untuk berkomunikasi. Peneliti berupaya menyampaikan segala bentuk informasi kepada pembaca.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti MIN 02 Madiun, peneliti menemukan beberapa masalah yang perlu dicari solusinya agar dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas siswa dalam kegiatan belajar dan mengajar. Salah satunya, yaitu mata pelajaran bahasa Indonesia ketika siswa ditugaskan untuk melengkapi kalimat yang rumpang, mayoritas siswa mengalami kesulitan. Hal tersebut terjadi pada kelas III MIN 02 Madiun. Permasalahan tersebut guru perlu mencoba model pembelajaran complete sentence berbantuan media gambar seri dan strategi contextual teaching and learning (CTL). Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran complete sentence berbantuan media gambar seri dan strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap peningkatkan keterampilan menulis narasi mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III MIN 02 Madiun?. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh penggunaan model pembelajaran complete sentence berbantuan media gambar seri dan strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap peningkatkan keterampilan menulis narasi mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III MIN 02 Madiun tahun pelajaran 2020/2021.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dengan populasi siswa kelas III MIN 02 Madiun berjumlah 125 siswa. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas III A sejumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui data posttest kelas eksperimen berdistibusi normal dan homogen. Diketahui besarnya nilai post-test uji shapiro-wilk media gambar seri untuk kelas eksperimen adalah 0.899 dan nilai signifikasi 0.182 > 0.05. Sedangkan strategi CTL untuk kelas eksperimen adalah 0.903 dan nilai signifikasi 0.204 > 0.05. Jadi, hasil pengujian dikatakan berdistribusi normal, karena memiliki signifikasi lebih besar dari probabilitas 5% (0,05). Pada Test of Homogenity of Variance media gambar seri diketahui nilai signifikasi 0.874 > 0.05 disimpulkan data memiliki varian homogen. Sedangkan strategi CTL diketahui nilai signifikasi 0.238 > 0.05 disimpulkan data memiliki varian homogen. Pada uji hipotesis, diketahui besarnya nilai signifikasi 0.039 < 0.05. Hal ini berarti H0 ditolak, yang menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model complete sentence berbantuan media gambar seri dan strategi pembelajaran CTL terhadap peningkatan keterampilan menulis narasi mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III MIN 02 Madiun Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Puspidalia Yuentie Sova
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Dec 2020 15:16
Last Modified: 09 Dec 2020 15:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12131

Actions (login required)

View Item View Item